From: "Ade Novita" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Wednesday, December 03, 2003 2:34 PM
Subject: [balita-anda] menjelaskan bagian tubuh lawan jenis ke anak

dear all,

reva (23 bulan) makin ceriwis, dia sering menanyakan apa ini apa itu, bahkan
hal yg sudah dijelaskan akan ditanya terus sampe dia puas, walaupun cara
pengucapan reva masih cadel atau terkadang ambil suku kata belakang aja,
tapi sudah menjadi kesatuan kalimat.

saat ini aku lagi kebingungan, krn reva satu satunya anak kecil dirumah,
maka aku nggak terbiasa atau belum terpikir utk menjelaskan pria dan wanita.

beberapa hari terakhir ini sepupu aku (om nya reva) yg masih anak anak
 hampir 4 tahun) pada nginep dirumah, kemarin pagi waktu sepupu ku itu
selesai mandi dan menunggu dipakaikan baju, nggak sengaja reva melihat ke
penis sepupu aku itu dan langsung menanyakan apa tuh om? apa tuh nek? reva
to ndak da (reva kok nggak ada)?

katanya semua sih pada ketawa aja sambil sibuk teriak ih malu ih tutup dong
om, trus reva diajarkan utk menutup matanya.

pas aku sampai rumah reva menyampaikan ke aku kalau dia bingung kenapa lain
cara pipisnya dgn omnya (enda ipis om ain deh). wah aku kelabakan kirain
liat tadi pagi malemnya lupa, trus aku cuma jelaskan karena om darma cowok,
tapi reva trus tanya kenapa.

ada masukan nggak mestinya aku jelasinnya gimana ya?

salam

bunda reva