dear moms & dads,

Ini aku posting lagi...mudah2an bermanfaat

cheers,
femmy

Pentingnya Pengetahuan yang Benar

Pengetahuan seks yang benar yang dimiliki orangtua akan sangat mempengaruhi
tumbuh kembang kejiwaan anak. Beberapa hal atau peran yang dapat dimainkan
orangtua seperti dijelaskan Dra. Ieda Poernomo Sigit Sidi, sebagai berikut.

Perhatikan perkembangan anak dan perilakunya dalam kaitan dengan
perkembangan seksualnya.

Dalam perkembangannya anak juga mengalami perubahan seksual sesuai
pertumbuhan fisik dan mentalnya.

Ajak anak mengenali tubuhnya dan beritahu kegunaannya. Misalnya hidung
untuk penciuman, mata untuk melihat, mulut untuk bicara dan makan, telinga
untuk mendengar, perut untuk mengolah makanan, kaki untuk berjalan, tangan
untuk memegang, dan kelamin untuk buang air kecil.

Beritahukan bahwa ia akan mengalami perubahan sesuai perkembangan tubuhnya.
Dia akan tumbuh seperti orang dewasa dan tidak perlu cemas menghadapinya
karena perkembangan itu menunjukkan bahwa dia normal. Ayah dan ibu bisa
menggunakan gambar ilustrasi yang ada di buku-buku anatomi reproduksi.

> Amati perilaku seksual anak, misalnya bagaimana dia memperhatikan dan
memperlakukan kelaminnya.

> Sejak balita ajarkan anak cara membasuh kelaminnya sesudah buang air kecil
dan besar.

> Biasakan anak mengenakan pakaian dalam yang bersih.
>
> Dengarkan pertanyaan anak seputar perkembangan seksualnya. Kalau Anda
tidak bisa menjawabnya saat itu, jangan segan untuk berterus terang. Sesudah
itu carilah informasi yang diperlukan. Anda bisa mencari buku yang memuat
informasi tersebut atau berkonsultasi kepada ahli (psikolog). Kemas
informasi yang Anda peroleh dan sampaikan dengan bahasa yang dipahami anak
sesuai perkembangan usianya.

> Kalau anak bertanya, dari mana dia lahir? Jawablah terus terang, "Dari
kelamin ibu." Lanjutkan dengan penjelasan bahwa Tuhan menciptakan kelamin
perempuan seperti itu untuk "jalan lahir" anak. Bagaimana bisa begitu?
Katakan bahwa hal tersebut merupakan kebesaran Tuhan. Dalam keadaan
tertentu, bayi tidak bisa lahir lewat jalan biasa, yaitu kelamin ibu,
terpaksa dilakukan operasi. Dokter ahli kebidanan dan penyakit kandungan
melakukannya di rumah sakit atau rumah bersalin.

> Jelaskan bahwa Tuhan menciptakan kelamin laki-laki dan perempuan berbeda
karena fungsinya juga tidak sama. Laki-laki tidak mengandung, melahirkan,
dan menyusui anak karena tidak punya perangkat untuk itu.

> Perempuan diberi kodrat oleh Tuhan untuk mengandung, melahirkan, menyusui
anak. Untuk itu Tuhan memberikan perangkatnya, yaitu rahim, bentuk kelamin
seperti itu, dan payudara. Rahim disiapkan untuk pertumbuhan bayi di dalam
kandungan, kelamin diciptakan seperti itu buat jalan lahir bayi, dan
payudara tumbuh menjadi besar agar kelak bisa menyusui. Karunia ini harus
dijaga dengan baik supaya bisa berfungsi dengan baik pada saatnya kelak,
yaitu ketika ia sudah dewasa dan menikah.

> Laki-laki diberi Tuhan sperma atau sel mani yang memungkinkannya untuk
menghamili, yaitu ketika sel mani bertemu dengan sel telur milik wanita.
Laki-laki harus menjaga kelaminnya dengan baik agar tetap sehat, sel maninya
baik, dan pada saatnya kelak mampu membuahi sel telur.

> Bicaralah tentang perkembangan seksual anak sesuai dengan tahapan usianya.
Bicara dengan anak berumur tujuh tahun tentu berbeda dengan anak yang sudah
berusia 15 tahun.

> Cari informasi supaya bisa menyiapkan anak dengan bekal pengetahuan yang
cukup, sehingga dia bisa menjaga perilaku seksualnya dengan baik, tidak
terpengaruh lingkungan yang menyesatkan, mencoba-coba, dan mudah dibujuk,
serta bisa menjaga dirinya dengan baik, termasuk melindungi diri dari
pelecehan seksual dan bahkan perkosaan. Pelajari, bagaimana cara bicara
dengan anak tentang perilaku seksualnya. Meminta bantuan ahli sangat
dianjurkan.

> Amati pergaulan anak di abad ini. Perhatikan acara di televisi dan radio.
Ikuti perbincangan di masyarakat, sehingga Anda bisa memperoleh gambaran
yang tepat mengenai kondisi dan situasinya. Jangan terperangkap oleh pikiran
sendiri, apalagi menganggap dunia masih "aman".

> Tentukan rambu-rambu yang Anda inginkan untuk diperhatikan anak dalam
bergaul. Beritahukan macam-macam lingkungan atau situasi yang harus
diwaspadainya. Jangan hanya sekadar melarang tanpa penjelasan. @

Kirim email ke