hi mbak Tri,
(saya cc ke e-mail mbak juga, in case mbak elum jadi member milis _Balita
Anda_ :))

Saya belum pernah operasi caesar dan belum pernah melahirkan juga di RS
Bandung, tapi saya salut dengan niat mbak untuk mempersiapkan diri dalam IMD
kalaupun nanti harus caesar melahirkan anak kedua mbak.  Bravo, mbak! :)
Ada beberapa info kesehatan yang justru sangat menganjurkan para bayi lahir
caesar untuk mendapatkan ASI karena kemungkinan faktor alergi yang lebih
besar 'disandang' mereka dibandingkan bayi lahir lewat persalinan normal.

Saya cuma terpikir untuk posting info tentang SOP IMD pasca caesar hasil
browsing dari _google_, at least mbak punya gambaran bagaimana nanti saat
IMD pasca bersalin nanti.  Saya pikir tetap memakai rujukan RS yang
dianjurkan kantor ada baiknya, karena pasti akan mempermudah biaya
persalinan/reimbursement/dll.

Rasanya juga 2 RS tsb. termasuk RS besar dan senior di Bandung, tentunya
sudah ada DSOG / DSA / para suster yang pro IMD dan ASI eksklusif.  Saat cek
rutin kehamilan nanti, bisa juga cari info tentang adanya konsultan laktasi
atau staf medis yang sudah ditraining tentang laktasi yang biasanya sudah
tersedia di RS

Kalau tetap tidak ada juga SDM yang assist mbak untuk hal ini, coba
bicarakan ke RS tempat mbak nanti bersalin, apa memungkinkan mbak nanti
didampingi konsultan laktasi dari institusi atau lembaga lain sesaat setelah
bersalin untuk 'briefing' sebentar tentang IMD :)  Toh ini kan termasuk
'hak' ibu hamil dan menyusui untuk menentukan apa nutrisi yang terbaik untuk
buah hatinya hehe :)

Anyway, enjoy your pregnancy dan semoga posisi si kecil di rahim bisa
kembali normal saat2 ini ..

selamat mempersiapkan diri untuk IMD dan ASI Eksklusif ya mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

http://www.parentsguide.co.id/dsp_content.php?kat=4&pg=hns&emonth=05&eyear=2009

TETAP MENYUSUI PASCA OPERASI CAESAR

[quote]

..
SOP Inisiasi Menyusui Dini pada Operasi Caesar
* Dianjurkan suami atau keluarga mendampingi ibu di kamar operasi atau kamar
pemulihan.
* Begitu lahir, bayi diletakkan di meja resusitasi untuk dinilai,
dikeringkan secepatnya terutama kepala, kecuali tangannya. Dibersihkan mulut
dan hidung bayi, tali pusat diikat.
* Kalau bayi tidak perlu diresusitasi, bayi dibedong kemudian dibawa ke ibu.
* Tengkurapkan bayi di dada ibu dengan kulit bayi melekat pada kulit ibu.
Kaki bayi agak sedikit serong menghindari sayatan operasi. Bayi dan ibu
diselimuti. Bayi diberi topi.
* Anjurkan ibu menyentuh bayi untuk merangsang bayi mendekati puting.
Biarkan bayi mencari puting sendiri.
* Biarkan kulit bayi bersentuhan dengan kulit ibu paling tidak selama 1 jam,
bila menyusu awal selesai sebelum 1 jam
* Bila bayi menunjukkan kesiapan untuk minum, bantu ibu dengan mendekatkan
bayi ke puting tapi tidak memasukkan puting ke mulut bayi.  Bila dalam 1 jam
belum bisa menemukan puting ibu, beri tambahan waktu melekat pada ibu 30
menit atau 1 jam lagi.
* Bila operasi telah selesai, ibu dapat dibersihkan dengan bayi tetap
melekat di dadanya dengan dipeluk erat oleh ibu kemudian ibu dipindahkan
dari meja operasi ke ruang pemulihan dengan bayi tetap di dadanya.
* Berikan ASI saja tanpa minuman atau makanan lain kecuali atas indikasi
medis.

[/quote]