hi mbak Dian,

Saya 'langganan' minor bleeding 3x :)
Rata2 waktu hamil muda dan seperti mbak, 'ngeh' nya waktu sedang di toilet
kantor hehe

SOP yang saya lakukan biasanya langsung rest, kalau masih di kantor dan
memungkinkan minta izin dahulu untuk pulang.  Untuk observasi lebih lanjut
bisa langsung konsultasi dengan obgyn-nya. Biasanya sih dibekali nasihat
'jangan terlalu lelah, ambil bed rest kalau perlu, kadang kalau memang
dianggap perlu dibekali obat untuk antisipasi ada kontraksi, dsb.

Kelihatannya memang hanya flek, bukan perdarahan, tapi demi nggak mau ambil
risiko, saya selalu ambil sick-leave dari kantor dan bed rest di rumah.
Kondisi akan membaik kalau flek semakin samar dan hilang sama sekali, juga
tidak ada kontraksi yang 'nggak biasa'.  Cermati kalau flek jadi semakin
sering atau semakin banyak.  Yang saya alami, biasanya kondisi normal lagi
di hari ke 2-3 bed rest.
Setelah itu, upayakan jangan beraktivitas terlalu lelah ya, mbak .. masih
around 17 weeks to go :)

Usia kandungan sudah 23 mingguan, indra dengar dan refleks geraknya baby
sudah 'well developed' (sering ngerasa dia 'dancing' di dalam perut kan,
mbak? ;)) , so bisa isi waktu rest mbak dengan banyak ngobrol, nyanyi, or
apa aja dengan dia.  Nggak akan kerasa 'boring' nantinya :)

take care of your pregnancy, ya ..
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke