hi mbak Dwi Yuni,

Link untuk info lengkap tentang obat tetes mata _Alletrol_ bisa dilihat di
sini:
http://www.dechacare.com/ALLETROL-compositum-P604.html
http://www.farmasiku.com/index.php?target=products&product_id=30111

Dari yang bisa saya pahami,
* Obat ini harus dengan resep dokter (saya kurang tahu apa bidan yang
memberikan resep ini juga punya wewenang yang sama)
* Dari 2 link di atas, cukup digaris bawahi kandungan kombinasi steroid +
antibiotik nya. Obat seperti ini hanya diberikan kalau memang ada indikasi
yang sangat jelas, mis. radang mata dan infeksi bakteri.  Di lain pihak,
mata merah dan belekan untuk bayi bisa banyak penyebabnya, dan tidak selalu
disebabkan infeksi bakteri.
* Dalam aturan cara pakai dan dosisnya, tidak disinggung tentang konsumsi
untuk anak bayi/anak kecil (or at least anak di bawah usia 2 tahun).
Mungkin sudah saatnya juga berasumsi bahwa obat seperti ini tidak
diperuntukkan untuk anak2 (kalaupun diresepkan sudah berdasarkan indikasi
kuat dan diagnosa yang ditegakkan dokter (mata) pasca pemeriksaan fisik
terhadap matanya)

Coba observasi lagi si kecil ya mbak. Cermati lagi gejala2 lain yang mungkin
ada (mis. demam/gatal/rewel banget karena kondisi matanya/kondisi
belekannya). Bersihkan dengan kassa steril celupan air matang hangat teratur
dan tetap observasi.  Bahkan air mata baby pun sudah termasuk salah satu
'senjata' untuk mengurangi 'gangguan' pada matanya saat ini.
Saya tidak tahu juga puyer jenis apa dan untuk keperluan apa yang sudah
diresepkan dan mungkin dikonsumsi (it's hopefully not antibiotic again ..)

Kalau pun tidak membaik kondisinya, catat/ingat hasil observasi mbak selama
ini dengan matanya dan konsultasikan dengan dokter si kecil.

hope Naufal will get well soon, ya mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke