From: Sylvia Radjawane [mailto:sylvia.radjaw...@gmail.com]
Sent: 18 April 2011 16:12
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Mata bengkak & gatal2 (was: Obat Tetes mata
ALLETROL)

hi mbak Endang,

Selain mata bengkak, ada gatal2 di wajahnya Ale ya, mbak?
Sudah di telepon ulang lagi, sekarang 'status' gatal/bengkak nya seperti
apa? :)

Treatment mata bengkak seperti yang sudah di-shared mbak Dwi dan .. tetap
observe.
Gatal2 nya mungkin yang perlu diamati lebih lanjut, apa memang karena
gigitan serangga atau baru makan/minum sesuatu pagi tadi, coba salah satu
titiknya dilingkari ballpoint dan amati apa ada lepuhan beberapa lama
kemudian (antisipasi cacar air)

Untuk membuat Ale agak nyaman, bisa diajak mandi hangat, pakai bedak cair
(kalau memang ada stok di rumah), usap setiap ada area yang terasa gatal
(supaya jangan terluka karena digaruk), langsung potong kuku2 tangannya,
sambil tetap amati.  Sedia obat turun panas kalau memang ada demam yang
sudah membuat tidak nyaman Ale.  Tetap perhatikan perubahan gatal dan
rashnya (bentuknya, jumlahnya, bagian tubuh yang mana saja yang jadi gatal,
efeknya buat Ale, dsb.)

Kalau ingin konsultasi nanti sore, mungkin segera hubungi dokter kulit kalau
dirasa hasil observasi mbak bukan gejala2 seperti di atas (umumnya dokter
atau DSA sudah biasa 'deal' dengan gejala2 tsb., lain halnya kalau memang
gatal2 nya Ale lebih spesifik ke gangguan pada kulit)

Dari pengalaman pribadi, hasil observasi selengkap mungkin dari kita bisa
sangat membantu dokternya menegakkan diagnosa dan memberikan resep obat yang
tepat dan rasional :)

semoga Ale cepat pulih ya, mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi