hi mbak Mia,

Saya jadi ingat posting e-mail jeng Dini Febrina di milis BA awal tahun ini
lalu tentang keponakannya yang kakinya O (bow legs).
Tadi saya buka arsip di milis Balita, ternyata dijelaskan juga tentang
kondisi kaki X (biasa dikenal istilah 'knock knees atau 'genu valgum' --
mbak atau temannya mbak bisa search lebih lanjut untuk menambah info dengan
keywords tsb.)

Ternyata hampir mirip kondisinya dengan kaki O, di antaranya:
* mulai terlihat saat anak usia balita dan kadang mengalami 'koreksi
spontan' tanpa treatment sampai usia 7-8 tahunan, tidak lebih (lebih dari
usia itu berarti tidak terjadi koreksi dan mungkin perlu terapi medis
lainnya termasuk operasi kalau memang dianggap perlu).
* salah satu risiko yang kadang harus dihadapi balita yang obesitas (dan
mungkin ahli medis juga akan menerapkan diet khusus agar tidak terlalu obes
dan membantu koreksi)
* sembuh tidaknya tergantung dari berbagai faktor: di antaranya usia anak,
kaki X ini bersifat fisiologis atau patologis (ada penyakit tertentu),
diderita 1 kaki atau keduanya, dll.
* sepatu khusus termasuk cara terapi medis yang memang dianjurkan, setelah
ahli medis (ortopedi) mempertimbangan faktor2 khusus anak temannya mbak.
Mereka juga mungkin akan memonitor dan memastikan apakah kaki X sang anak
memang bersifat physiologis atau tidak untuk treatment-nya.

Ada 2 links yang bisa jadi tambahan info untuk kasus seperti ini:
* Info tentang Knock Knees dari website _Children's Ortopaedics of Atlanta'
http://www.childrensortho.com/Page2338.aspx

* Info tentang Knock Knees dari website _Children's Hospital Boston_
http://www.childrenshospital.org/az/Site1103/mainpageS1103P0.html

Sekalian saya re-post e-mail jeng Dini di atas ya :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

http://www.mail-archive.com/balita-anda@balita-anda.com/msg242705.html

Re: [balita-anda][Links] Tanya kaki balita "O"

Sylvia Radjawane
Sun, 23 Jan 2011 22:06:42 -0800
 Hi Jeng Dini,

Tadi ikutan cari info tentang kasus keponakannya di _google_.

Yang bisa saya pahami dari beberapa links tadi:

* Kaki berbentuk O atau suka disebut 'bowlegs' atau istilah medisnya 'genu
varum' (mungkin jeng Dini bisa search info lebih banyak dengan kata2 kunci
ini)

* Bowlegs bisa karena posisi janin waktu masih di rahim ibunya, biasanya
akan teramati saat si kecil sudah mulai jalan dan lebih tampak saat usia
12-18 bulan saat si kecil sudah mulai belajar jalan sudah mulai punya 'bobot
tubuh'

* Babies yang obesitas bisa juga mengalami kondisi ini (lebih sering
terlihat pada baby yang obesitas, punya struktur tubuh pendek dan lebih awal
kemampuan berjalannya).

* Dari beberapa links yang sempat saya baca, selalu disinggung istilah
'spontaneous correction', berkisar di usia 2 - 3 tahun.  Artinya, belum
perlu dilakukan treatment (bahkan ada info yang bilang perlu dilakukan test
penunjang X-ray), dengan harapan spontaneous correction itu terjadi di usia
tsb.

* Kalau pun setelah 'batas usia' terlewati, kondisi kaki nggak ngalamin
perubahan (atau bahkan lebih serius deformity-nya), ada beberapa pendekatan
treatment yang bisa dilakukan (umumnya memang akan 'get in touch' dengan
bagian ortopedi), mis: penggunaan 'brace', sepatu khusus, bahkan operasi.

* Yang mungkin perlu dikonsultasikan dan minta dengan dokter si kecil adalah
kemungkinan bow legs ini masuk kategori 'pathologic' atau  'psychologic'.
Kelihatannya kategori ini juga akan menentukan besarnya peluang 'spontaneous
correction' yang nanti dialami si kecil.
Untuk kategori 'pathologic' ada dikenal istilah penyakit 'Blount's disease'
juga 'Rickets'(kekurangan vitamin D) atau bahkan ada infeksi tertentu yang
menyebabakan  gangguan struktur kaki agak lebih serius dan perlu treatment.

Untuk kategori 'psychologic' sendiri asumsi saya disebabkan aspek psikis,
refer to info dari links yang saya baca, umumnya terjadi di usia 3-5 tahun
dan akan 'normal sendiri secara spontan' di usia 7-8 tahun nantinya.

Konsultasi 'tandem' (if necessary) dengan DSA ortopedi mungkin bisa bantu
ortu si kecil punya gambaran lebih jelas tentang kasus anak mereka.

O ya, ini beberapa links yang tadi sempat saya 'goggling':

* Website _Children Orthopaedics of Atlanta_
  http://www.childrensortho.com/Page2338.aspx

* Websiet _MedlinePlus_
  http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/001585.htm

* Website _Wikipedia_
  http://en.wikipedia.org/wiki/Blount%27s_disease
  http://en.wikipedia.org/wiki/Genu_varum
  http://en.wikipedia.org/wiki/Rickets

hope that helps, jeng :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

On Mon, Jan 24, 2011 at 11:46 AM, Dini Febrina <dini.febr...@astra-honda.com