hi mbak Ditri & all,

Wah, menarik nih informasi dari mbak :)
Saya belum pernah menjadwalkan imunisasi jenis ini ke keluarga saya. Jelas
saya nggak terlalu update dengan info terbaru, tapi memang seperti yang
mbak shared, vaksin influenza tidak terlalu efektif untuk yang obesitas
(masukkan saya keywords ini di _Google_, ada beberapa artikel yang
mengonfirmasi hal ini :))

Ada 1 info yang saya ingat tentang vaksin influenza ini, dibahas dalam
website-nya _MedicineNet_

Saya coba kutip tentang fakta vaksin ini ya :)

http://www.medicinenet.com/flu_vaccination/article.htm.

[quote]
Flu vaccine facts

   - There are two types of
flu<http://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=365>vaccines,
the injection (with killed virus) and nasal spray vaccines
   (containing live, but weakened, virus).
   - Each year, the influenza virus can change slightly, making the vaccine
   used in previous years ineffective.
   - The vaccine is generally effective against the influenza virus within
   two weeks of administration.
   - The vaccine is only effective against the strains of the virus that
   match the vaccine.
   - The effectiveness of the flu vaccine is dependent upon the extent of
   the match between the virus strains used to prepare the vaccine and those
   viruses in actual circulation. The age and health status of the individual
   also play a role in determining the effectiveness of the vaccine.

[/quote]

Sekilas baca bisa dibilang keefektifan vaksin ini sangat 'sensitif' .. dia
perlu ketemu 'strain' virus yang tepat untuk jadi efektif. Disebutkan,tiap
tahun sedikit perubahan pada virus tsb. dapat terjadi, ini yang menyebabkan
vaksin yang dipakai tahun lalu tidak lagi efektif untuk tahun berikutnya
(asumsi saya: vaksin tahun lalu tidak efektif bukan karena daya proteksi
berkurang jadi perlu divaksin lagi di tahun berikutnya, tapi karena ada
perbedaan yang dialami dalam strain virus, maka perlu dilihat ulang jenis
vaksin-nya)
Untuk mensiasati kondisi ini, tentu pihak penyedia vaksin dan pihak medis
harus well prepared terhadap keakuratan data strain virus apa yang sedang
'trend' menyerang, kira2 pada waktu kapan yang terbaik untuk prosedur
vaksinasi ini dilakukan, dan tentu saja well prepared dengan jenis vaksin
yang 'cocok' untuk digunakan.

Proses 'ribet' seperti itu pastinya sudah lumrah dilakukan di luar negeri
karena flu termasuk kategori yang tidak 'enteng' dialami di sana, bahkan
bisa sangat serius.
Kalau memang di Indonesia sudah punya prosedur seperti ini, at least kita
juga dapat info kalau vaksin flu yang kita/anak kita terima memang sudah
sesuai dengan strain virus influenza yang sedang 'trend' supaya efektif
kerja vaksinnya, pasti hasilnya lebih baik, dan mungkin saja saya akan
memasukkan imunisasi ini dalam jadwal  :)

Sekadar opini, kemungkinan besar bisa salah :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke