hi mbak Rita,

Rasanya yang dilakukan mbak Rita sudah benar :)
Link di website _Mayo Clinic_ bisa juga jadi tambahan bahan bacaan dan
sumber info :)
http://www.mayoclinic.com/health/hand-foot-and-mouth-disease/DS00599

Ada beberapa points di link itu yang bisa jadi tambahan observasi mbak:
* Masa inkubasi virus ini sekitar 3-7 hari, karena Nadiyah memang sudah (+)
terkena virus ini dari hasil pengamatan mbak, make sure saudara2 nya di
rumah yang lain tetap perkuat daya tahan tubuh supaya nggak terinfeksi
juga.  Ini selalu jadi 'kegiatan heboh' saya, berhubung krucils 4 di rumah,
jadi kalau ada 1 yang kena infeksi virus, yang 3 juga 'diamankan' dengan
cara2 yang sama supaya nggak beruntun kejadian infeksinya :)

* Dalam session terapi di link itu, disebutkan bahwa 7-10 hari biasanya
penyakit ini akan 'pergi'. So, tetap giat dengan home treatment dan
observasi ketatnya, ya mbak.

* Dalam session 'when to see doctor' di link itu, ada 2 parameter yang bisa
mbak jadikan panduan kalau harus konsultasi:
1. Sariawan di mulut yang membuat Nadiyah jadi mogok alias ogah minum
cairan
2. Dari hasil observasi tidak ada kemajuan dari kondisinya sebaliknya jadi
agak lebih parah.

We all know, antisipasi untuk beat the virus adalah daya tahan tubuh, salah
satu sarananya dengan nutrisi bergizi. Di lain pihak, sariawan, demam, rash
(semoga nggak gatal/terlalu gatal) otomatis buat si kecil akan sulit diajak
'kerja sama'.  So, mbak .. berharap punya 'amunisi' banyak menciptkan ide
kreatif membujuk Nadiyah 'rajin' menjalani home treatment ya :)

Get well soon, Nadiyah :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke