Kebetulan saya dari anak pertama, Nayma lahir, tinggal di rumah sendiri.
Tidak ada kakek neneknya di rumah buat ngawasin, jadi ada beberapa tips
yang mungkin bisa saya sharing ya.

1. Kalau ada dua balita, sebaiknya ART juga dua. ART saya dua, tidak ada
yang BS, yang pulang pergi, bibik yang sudah punya anak 3. Yang nginep
masih gadis.

2. Usahakan kita tahu rumah tinggal ART yang kerja dengan kita, makanya
saya tidak ambil dari luar daerah. Jika ada dua ART, setidaknya satu ART
kita tahu letak rumah tinggalnya, yang satu lagi tahu ancer2nya.

3. Berikan gaji yang sesuai atau jika ingin memberikan lebih tinggi,
berikan dalam bentuk bonus.

4. Usahakan punya hubungan baik dengan tetangga kanan kiri, jadi mereka
bisa jadi mata-mata untuk anak2 di rumah.

5. Jaga hubungan baik dengan ART, karena mereka kepanjangan tangan kita.
harus nice tapi tegas, harus baik tapi kita yang memberikan aturan ke
mereka.

Karena baru kali ini keluar dari rumah orangtua, pasti berat lho ninggalin
anak2, mana bungsu masih 3 bulan. Saran saya sebaiknya ditunda dulu sampai
yang bungsu mendekati usia 1 tahun.
Awal-awal pindahan, dan punya ART sebaiknya ada kerabat yang bisa
mengawasi. Kalau seperti saya atau mbak Yesi, karena dah dari awal dah
biasa ya dengan ART, jadi gak masalah, tapi kalo ga terbiasa, rasanya perlu
proses adaptasi yang lumayan makan waktu.

Kirim email ke