hi mbak Hanuf,

Baca e-mail nya mbak, mungkin saat bangun pagi jam 6am itu, kenalkan
juga ritual BAK ke kamar mandi, mengingat dia sudah tidur tanpa
ngompol selama 10 jam-an, size kandung kemihnya pun nggak cukup besar
untuk menampung urine dalam waktu lama itu, so pastinya nggak pakai
waktu lama dia akan BAK sesaat setelah bangun pagi :)
Anggap saja mbak 'switch' aktivitas 'ngompol' di ubin dengan aktivitas
yang sama di kamar mandi :)

Kasus saya sendiri, karena anak2 saya dikenalkan toilet training
dengan usia yang lebih besar, sekitar usia 2-2,5 tahunan, jadi
pendekatannya mungkin agak beda karena mereka sudah bisa
berkomunikasi, sudah cukup besar untuk menggunakan toilet dan biasanya
nggak pakai waktu lama sudah bisa menguasai skill ini.  Enaknya lagi,
sekalian ajari mereka juga untuk mengenakan kembali pakaian dalam dan
celana/baju mereka sendiri.
Dari pengalaman, 2 anak laki2 saya memerlukan waktu agak lebih lama
untuk mengusai skill ini dibandingkan 2 anak perempuan saya :)

Setuju dengan sharing moms lain, keywords nya : sabar, konsisten,
stand by dengan rewards/pujian untuk fase  'no diapers anymore'
seperti ini.

Untuk saya, para krucils ini officially skillful in toilet training,
saat mereka bilang (dari skala bisik-bisik sampai 'teriak' karena
kebelet) kalau mau BAK or BAB di rumah dan public places :)

happy toilet training untuk Lovy, mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi