From: Lilis Suryawati [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, January 02, 2004 9:17 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] Mandi , Makan & Melatih Bicara......

Dear Mbak Wanda,

Anak saya sejak usia 7 bulan bak mandinya sudah nggak dipakai lagi, jadi
mandinya di kamar mandi. S/d umur 3 tahun masih pakai air hangat tapi
kadang2 diseling juga pakai air dingin pas usianya sudah 21/2 tahun.
Mengenai kosa kata pada anak biasanya anak baru lancar bicara benar
umumnya
2 tahun terutama anak perempuan, kalau anak laki2 mungkin bisa lebih
dari
usia tersebut. Kalau anak Mbak s/d usia 2 tahun belum lancar bicara
sebaiknya segera periksakan ke klinik Balita tumbuh kembang soalnya
anaknya
kan perempuan mestinya sudah lancar bicara pada usia 2 tahun.
Anak seusia Salma memang susah makannya dan ini mungkin berlanjut s/d
usia
di atas 2 tahun. Coba menunya berganti-ganti dan berikan makanan dengan
penuh kesabaran serta sambil bermain atau nonton film lagu anak2 yang
iramanya lincah dan gambarnya atraktif...anak saya juga dulu sekali
makan
bisa s/d 2 jam. Tetapi sebaiknya jangan dibiasakan diblender kalau
usianya
sudah seperti Salma, karena bisa menjadi habit dan akan sulit untuk
mengajarkan makanan kasar kepadanya.

WRgrds,
Lilis