From: bunda khadijah <bunda.khadi...@gmail.com>
Date: Wed, 31 Oct 2012 08:47:57
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] Nanya khitan

Dear Mbak Dian,

Kalo ke dokter di RS, biasanya khitan dilakukan oleh dokter bedah.
Prosesnya cukup cepat, sekitar 30 menit, bius lokal.. Dalam kasus tertentu
(anak ada kemungkinan memberontak, misalnya) digunakan bius total.
Perawatan sesudahnya cukup ribet, walaupun perban hanya dipakai setelah
pulang dari RS, setelah itu ngga pake lagi. Ngga bisa mandi (mandi dengan
diseka saja) sampai sekitar 3 hari, sehari-hari pake sarung.

Kalo di klinik khitan, yang pernah saya gunakan untuk anak saya adalah
metode smart clamp. Khitan dilakukan oleh dokter umum. Prosesnya lebih
cepat, sekitar 15 menit, bius lokal. Enaknya smart clamp, setelah khitan
ngga ada perban, anak juga bisa langsung pakai celana biasa. Bisa mandi dan
ke toilet seperti biasa, walaupun tetap ada proses perawatan totalnya 1-2
minggu.

Dari pengalaman saya, kisaran harga mirip2, tahun lalu itu sekitar 900rb
-1.2 jt.

Hebat anaknya 5.5 thn dan 6 thn udah berani khitan :-) Semoga lancar dan
ketemu metode yang paling cocok ya Mbak Dian..

Salam,
Meutia