Mama Felita,
Bagaimana, nih udah cek ke DSOGnya belum ?

Cerita  Bunda Nisa hampir mirip seperti waktu hamilnya si Berryl anak pertama saya (5
th 9 bl). Tetapi, masa haidnya panjang : 2 bulan terus menerus (normalnya 7 hari) dan
hanya flek-flek saja.

Bulan pertama saat haidnya nggak beraturan itu, saya periksa ke DSOG setelah dicek
tidak ada tanda-tanda kehamilan, kemungkinan penyebab flek tersebut karena stress atau
kecapean. Kemudian saya diberikan obat agar haidnya kembali teratur dan vitamin
penambah darah.

Karena 1 bulan kemudian tidak ada perubahan juga, kembali lagi ke dokter  ternyata
sudah hamil 14 minggu. Sejak itu saya stop semua kegiatan aerobiknya dan saya siapkan
diri untuk menyambut si kecil, karena saya tidak pernah merasakan tanda-tanda seperti
orang hamil seperti mual, muntah-muntah, pusing dll, yang saya rasakan laper terus dan
maunya melakukan kegiatan yang banyak gerak. Alhamdulillah selama hamil sampai
melahirkan berjalan lancar dan selamat.

Waktu kehamilan Dhillah (3 th 8 bl), saya masih menyusui Berryl (18 bulan) & aktif
aerobik. Saya memang nggak KB karena katanya kalau masih aktif menyusui, bisa
menjarangkan kehamilan. Suatu kali Berryl kok rewel aja (selama 1 minggu) setiap kali
menyusui, gelisah dan tidak disedot ASInya, dikasih susu formula rewel digendong juga
rewel. Begitu sama Bapaknya, anteng. Saya perhatikan kok ASInya juga agak encer dan
bening padahal makannya biasa, iseng-iseng saya cobain tuh ASInya, kok nggak enak.
Iseng-iseng tes dengan test pack, hamil. Cek ke DSOG sudah 12 minggu.

Karena jarak usianya cukup dekat (2 th), saya menyiapkan mentalnya si Berry supaya
siap menghadapi hadirnya si Adik. Saya ceritakan kalau dia mau punya adik lagi dan
bagaimana sih kalau dia punya adik. Setiap kali kontrol hamil, kita diajak supaya dia
bisa tahu sendiri. Menjelang kelahiran, memang rewel lagi nggak mau jauh-jauh dari
saya dan maunya minta gendong.

Sejak adiknya lahir, saya libatkan Berryl untuk membantu segala keperluan yang
berhubungan dengan adiknya mulai dari mengambilkan celana kalau pipis, menyiapkan baju
sehabis mandi, memilihkan mainan/buku dll. Alhamdulillah, saat ini mereka baik-baik
aja suka saling bercerita tentang kejadian yang mereka alami. Ya ... kadang-kadang
memang keluar juga sih nakalnya anak-anak seperti bertengkar, iri dll. Tapi asal tidak
bosen-bosen kasih penjelasan ke mereka, Insya Allah mereka ngerti. Nikmati aja, deh bu

Waduh, maaf nih kepanjangan deh ceritanya. Mudah-mudahan bisa membantu ...

Bundanya Berryl, Dhillah & Rio.