From: "Yos Vincenzo" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Tuesday, January 20, 2004 10:58 PM
Subject: [balita-anda] Bayi napas berbunyi

> Hi bapak ibu,
>
> saya punya anak lelaki, baru berumur 1 minggu. waktu lahir beratnya 3.68kg
dan panjang 51. Kelihatannya sehat dan baik. Selama 4 hari pertama dia
dirawat oleh suster di rumah sakit (karena istri saya cesar), hari ke 5 baru
dibawa pulang. Sebelum pulang saya tanya ke Dokter anak dia, katanya "anak
nya bagus".

> Sewaktu di rumah, baru kita menyadari bahwa napasnya kadang2 berbunyi.
Bunyinya seperti orang asma ( ngok2 ). Kalau lagi tidur bunyi pelan, tetapi
kalau sedang disusui, bunyinya kencang sekali, dan menurut saya, dia seperti
kesulitan menelan, jadi minum susunya lama ( 40ml bisa 10 menitan) dan dia
sering berhenti setelah beberapa kali hisapan ( seperti mengumpulkan
tenaga ).

> saya telah mencoba mencari info di internet, dan makin banyak baca,
semakin takut saya, karena saya mengetahui ada banyak hal yang bisa
menyebabkan hal ini terjadi. Salah satunya adalah penyempitan jalur makanan
dan pernapasan dan karena jalurnya sempit, jadi berbunyi.

> Yang saya heran, mengapa dokter anak dan suster2 yang merawatnya selama 4
hari, tidak mengatakan apa2 kepada saya, suster hanya mengatakan kalau anak
saya menghisapnya lemah, itu pun setelah saya telp balik ke rumah sakit
setelah dibawa pulang.

> Ada yang punya info, apakah ini berbahaya atau tidak ? Ada dokter anak
lain yang direkomendasikan di daerah Jakarta Timur ?