Mba lilis benar, mungkin karena mama saya, pengasuhnya bawel jadi anak saya
bawel. Gitu kali yach! jangan - jangan itu termasuk turunan.

        -----Original Message-----
        From:   Lilis Suryawati [SMTP:[EMAIL PROTECTED]
        Sent:   Tuesday, March 02, 2004 9:28 AM
        To:     [EMAIL PROTECTED]
        Subject:        RE: [balita-anda] anak belum bisa bicara

        Mbak Pipit,

        Saya tidak mengatakan semua anak laki2, tetapi untuk terlambat
bicara ini
        kecenderungannya lebih besar pada anak laki2 maupun perempuan
demikian juga
        untuk kasus hiperaktif lebih banyak pada anak laki2 maupun
perempuan. Ini
        berdasarkan sharing saya dengan rekan2 saya yang kebetulan punya
anak yang
        terlambat bicara dan juga pengamatan di lapangan baik saat di klinik
balita
        tumbuh kembang maupun di play group termasuk anak saya sendiri laki2
        mengalami keterlambatan bicara, kalau anak perempuan saya belum
temukan yang
        punya kasus terlambat bicara. Biasanya anak yang tidak terlambat
bicara
        tersebut, mempunyai pengasuh atau penjaga yang aktif mengajaknya
bicara
        serta lingkungan sosialisasi bermain yang bagus seperti sering
bermain
        dengan anak2 kecil di lingkungan rumah.

        Rgrds,
        Lilis