Mba' Mila...........
Website nya ibu anak apa ya?

Thank's

----- Original Message -----
From: Kumila Addina <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Friday, March 05, 2004 3:51 PM
Subject: RE: [balita-anda] Mimisan...--artikel

Mbak Wulan ini ada artiket dari tabloid ibu dan anak
Semoga membantu...

---Duh, Si Kecil Kok Mimisan Terus?-------------

Mimisan atau keluarnya darah yang mengalir dari hidung, kerap terjadi begitu
saja pada si kecil. Namun, bila darah yang keluar berjumlah banyak dan sulit
dihentikan, Anda perlu waspada.

Sebenarnya, mimisan tidak hanya terjadi pada anak-anak, tetapi juga pada
orang dewasa. Namun, menurut dr. Suranto, Sp.THT, mimisan lebih banyak
terjadi pada balita dibandingkan orang dewasa. Ini disebabkan, selaput
lendir
hidungnya masih tipis sehingga pembuluh darah mudah pecah. Sedangkan mimisan
yang terjadi pada orang dewasa, umumnya terjadi pada wanita yang tengah
mengalami fase menstruasi karena kerja pembuluh darah lebih lama
dibandingkan
saat tidak menstruasi. Sehingga jika bagian hidung terluka, darah yang
keluar
akan lebih banyak.

Selain tipisnya selaput lendir, mimisan juga terjadi karena pecahnya
pembuluh
darah di hidung anak, tumor di hidung, tumor di sinus paranasal atau tumor
di
nasofaring. Pecahnya pembuluh darah di hidung paling banyak disebabkan oleh
kebiasaan buruk anak. Misalnya, sering mengutak-utik kotoran hidung
(mengupil) sehingga pembuluh darah di sekitar hidung rusak atau mengalami
infeksi.

Pecahnya pembuluh darah pada hidung juga bisa dipicu oleh
udara yang terlalu dingin, atau kondisi udara yang terlalu kering. "Bisa
juga
lantaran penggunaan obat hidung yang disemprotkan atau disedot secara
berlebihan, sehingga terjadinya iritasi lapisan mukosa hidung. Iritasi pun
bisa disebabkan ngupil terlalu keras. Hal itu menyebabkan pembuluh darah
pecah atau membuat luka di dalam hidung," jelas Dokter spesialis THT di RS
Harapan Kita, Jakarta ini.

Selain itu, pecahnya pembuluh darah juga sering terjadi pada penderita
tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pada penderita tekanan darah tinggi,
ada gangguan mekanisme pembuluh darah, sehingga pembuluh darah pada bagian
hidung pecah. Akibatnya terjadilah mimisan. Biasanya, jumlah darah yang
keluar banyak dan penderita harus segera dibawa ke dokter.

Mimisan juga bisa disebabkan oleh adanya kecelakaan, misalnya, kecelakaan
yang mengakibatkan benturan di hidung. Pendarahan yang terjadi, bukan hanya
akibat pembuluh darah yang pecah, tapi juga akibat rusaknya selaput lendir.
Terutama bila benturan yang terjadi pada bagian wajah, kepala, perdarahan
dibagian atas kepala, serta adanya luka pada hidung. Apabila aliran darah
segera terhenti dalam 20 menit dan darahnya tidak berwarna merah segar, Anda
tidak perlu khawatir.

Tanda Penyakit Serius

Sebenarnya, terang Suranto, secara umum mimisan bukanlah hal yang
membahayakan. Namun, jika darah yang keluar sangat deras dan sulit
dihentikan, barulah orangtua harus mewaspadainya. Pasalnya, mimisan yang
deras bisa jadi merupakan tanda si kecil menderita penyakit yang serius.
Misalnya, mengalami anemia, leukemia, malaria, hemofilia atau penyakit
perdarahan lainnya.

Pendarahan deras lewat hidung juga bisa menandakan adanya tumor . "Mimisan
ini hanya gejala dini saja, sebab bila tumornya sudah membesar, gejalanya
akan bertambah parah, yaitu adanya sumbatan pada hidung," paparnya. Apabila
frekuensi perdarahan di hidung terlihat sering, segera bawa si kecil ke
dokter.