Sharing pengalaman aza,
Pengalaman saya mirip dengan Pak Triton,
Waktu itu sekitar 3 bulan lalu, anak saya Fia 1,2 tahun gak mau di tinggal sendiri,
walaupun siang di ruang tengah selalu minta di gendong, Pas suatu hari istri saya
'curhat'
kalau dia liat sepasang kaki sedang berayun-ayun di tumpukan dus di kamar no 2 .
Atas saran seorang rekan, saya mulai rutin meyetel mp3 albaqarah setiap magrib, sambil
saya  ikuti baca di Al-Qur'an. Saya sholat di ruang tsb. Alhamdulillah dengan
keyakinan kita yang kuat kepada Allah, saya terbebas dari gangguan 'dunia lain' tsb

Abi Fia

Triton Tunggorono <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
All,

saya punya pengalaman sejenis., tepatnya waktu saya baru pindah rumah.
anak saya (Zuhairaja, waktu itu 2 th), setiap malam menjelang tidur (mulai
jam 8 malem) nggak pernah mau tidur di dalam rumah dan selalu ketakutan
seperti melihat sesuatu, sehingga tiap malem saya dan istri sampe keliling
komplek perumahan dengan kereta bayi nidurin dia sampai lelap, setelah itu
baru masuk rumah dan pindahin ke kamar.

hal itu rutin terjadi sampai kira-kira 2 minggu, sampai saya jadi terkenal
dan kenal orang satu komplek krn seringnya jalan jalan malem bahkan sampai
jam 11 - 12 malem every day.

bahkan ada tetangga yang katanya "pinter" ngomong emang di rumah saya tuh
ada "gerandong" yang tinggal di dekat profil tank di halaman belakang.

prinsipnya saya percaya memang Allah SWT menciptakan mahluk lain selain
kita, bahkan kita pun wajib mempercayai keberadaanya.

cara saya untuk mengatasinya adalah, dengan sholat di ruang ruang tersebut,
misal dengan berpindah pindah lokasi sholat seperti di kamar, di dapur, di
ruang keluarga, dll (semacam pembersihan, dan penerangan religius).
dan pada saat tidur pun saya setel kaset bacaan Qur'an kalo perlu nonstop
semalam (kebetulan tape di rumah auto reserve).
jangan lupa untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Alhamdulillah si Zuhairaja sekarang sudah nggak pernah histeris lagi bahkan
berani tidur di kamar sendiri.
Semoga bermanfaat dan membantu.

ayahnya Zuhairaja Musheera Tunggorono