Anak saya juga pernah diminta kakek dan neneknya
tinggal di Jawa supaya saya dan suami yang sama-sama
kerja di Jakarta tidak repot. Saya hargai tawaran
mereka tapi saya sudah tekad serepot apa pun (apalagi
cuma menyapih), akan saya nikmati bersama suami tanpa
harus "mengungsikan" anak. Rasanya sayang seribu
sayang kalau kami harus kehilangan momen perkembangan
sang buah hati....

Teman saya kasusnya lain lagi.
Dengan pertimbangan belum mapan di ibukota, kebetulan
mertua di kampung halaman tinggal berdua, anak
"disepakati" untuk ikut kakek dan neneknya. Ternyata
apa yang terjadi? Eh, malah kakek dan neneknya yang
sulit "disapih" dari cucunya. Hampir setiap kali
cucunya mau diajak ke jakarta (karena sudah relatif
mapan), mereka keberatan dan mempertahankan
cucunya.Setelah gagal berkali-kali akhirnya temen saya
berhasil juga "nyapih" mertuanya.....
Sekarang dia yang terkaget-kaget dengan perkembangan
anaknya sendiri, maklum baru mengasuh langsung.....

Ibunya Gandhi