Kalo menurut pendapat saya,

Memang sih kita pusiiiing kalo pengasuh sikecil mo berenti, tapi
sebetulnya ada baiknya kalo pengasuh sikecil diganti secara berkala,
dengan catatan cari pengganti / bs yg baik ( cari yayasan yg bagus, kalo
bisa bs yg ada referensi dari teman/ saudara). Temanku dikantor juga ada
yg setiap 6 bln (!!)  ganti bs, supaya si kecil tidak tergantung sama
bsnya. Itu karena, kalo dia pulang kerja, otomatis bs disuruh turun bebas
tugas (kamar temanku di lt 2, kamar2 lain di lantai 1), anaknya langsung
pasang muka sedih, mencibir2 mau nangis, belum lagi, keponakannya yg
balita cuma mau makan sepiring sama bs, coba bayangkan...
aku pribadi juga sakit hati kalo callis (5 bln) digendong bs nya bisa
ketawa2 n berceloteh dan kalo digendong mamanya cuma diem.. , trus kalo
liat muka bsnya dari jauh bisa senyum2an mereka berdua. Nah, sebelum
kelewat lengket ada baiknya diganti secara berkala, gak usah 6 bln,
minimal 1 tahun

Maaf ya , bukan membantu.... biar gimana, anak itu harus tergantung sama
ortunya bukan pengasuhnya...  (menurut aku lho, sekali lagi maaf kalo ada
yg tdk berkenan)

Yanti

Alif Yusrina <[EMAIL PROTECTED]>
04/01/04 02:22 PM
Please respond to

cc

Subject
Re: [balita-anda] PUSING

Bundaaida yang lagi bingungberatprtnyamo'pulangkampung .....

Saya juga pernah ngalamin kejadian seperti bundaaida. Si teteh (panggilan
akrabnya ...) sudah ikut saya sejak Berryl usia 2 bln sampai hampir 3 th.
Dia resik, rajin (saking rajinnya, mainan Berryl yang jatuh atau kepegang
oleh bukan orang rumah, langsung dicuci he ...he...he ...) & telaten
sekali mengasuh Berryl mulai ngasih makan sampai menidurkan dan pinter
banget kalau membujuk (saya sebagai ibunya boleh dikata kalah, deh dengan
caranya). Padahal usianya masih muda sekali dan belum pernah mengasuh
anak. Suatu hari saya pernah merasakan kehilangan anak saya, ceritanya
waktu itu Berryl agak rewel digendong saya maupun bapaknya nggak diem juga
padahal sudah jam 10 malam, minum juga kayaknya udah kenyang. Si tetehnya
turun menggendong dia, eh .... langsung deh anteng. Sempat timbul juga
rasa cemburu kalau melihat kejadian itu (saya kan ngantor dari jam 8 s/d
17, sampai di rumah jam 18).

Suatu saat, dia mengajukan pengunduran diri sebenarnya saya agak berat
juga melihat keakrabannya dengan Berryl selain itu, dia juga ikutan
mengajari pengasuh adiknya Berryl (Dhillah ~ 6 bln-an kalo nggak
salah....). Tapi seperti Ayahnya Nuzie bilang, sifatnya manusiawi-lah dia
mau mencari yang lebih baik dari tempat saya. Padahal saya punya niatan
mau memasukkan dia kursus ketrampilan, karena prestasi dia selama ini
boleh dikata baik...

Sejak dia pergi, Berryl rewel minta ampun dan selalu menanyakan tetehnya
sampai sakit segala (kata orang tua, karena sudah dekatnya dia dengan
tetehnya .....). Nggak lama, saya dapat penggantinya, pengasuh adik ipar
saya karena pertimbangannya Berryl juga sempat lengket juga dengan teteh
B. Tapi sejak teteh B ngasuh, Berryl nggak mau dekat dengan dia dan masih
suka memanyakan teteh yang lama. Pokoknya bikin sewot deh, apalagi kalo
disuruh mandi ..... Saya kasih pengertian ke tetehnya yang baru supaya
sabar aja dulu menghadapi kelakuan Berry, juga ke Berryl saya kasih
pengertian juga tentang tetehnya. Sampai sekarang Bu .....Berryl baru bisa
akrab dengan teteh B-nya(sekarang Berryl 6 th). Untung si tetehnya
kupingnya tebal ... nggak mau pusing dengan kelakuan si Berryl. Mungkin
memang harus sabar aja, kali Bu dan tergantung anaknya juga sih.

Mudah-mudahan bisa menjadi pencerahan, ya Bu ...Mudah-mudahan juga cepat
dapat pengasuh baru yang lebih baik lagi .....
Bundanya Berryl, Dhillah & Rio