Mba Rika,
Pada umur 18 bln, kemampuan motorik kasarnya mulai makin sempurna dan
terbentuk. Pada umur segitu kemampuan motorik kasarnya memang harus sudah
bisa melempar dan memukul. Dia akan senang melempar apa saja , karena
lemparannya sekarang sudah semakin mantap. Beda dengan dulu waktu dibawah 1
thn, pasti mereka hoby menjatuhkan apa saja. apalagi kalo yang dijatuhkan
mengeluarkan bunyi, mereka pasti akan terkekeh-kekeh.

Semakin dilarang semakin akan dilakukan karena mereka senang melihat reaksi
orang akibat perbuatannya. Itu namanya mereka sedang mempelajari hub. sebab
akibat.

Bagaimana kalo pas si kecil memukul si BS, tangkap tangan dan bilang gini :
"Oh harry mau sayang suster/mama/ papa / eyang /kakek/  yah ..., kalo mo
sayang begini caranya - sambil tangannya diusap kepipi kita "

Tidak bisa sekali langsung berhasil lho tapi harus berulang, karena
pengulangan adalah perlu untuk masa balita.

Maaf kalo tidak membantu

Thank you and regards,
Ella

email address: [EMAIL PROTECTED]