Dear Mba Sisca,

Dulu ketika keponakan saya diusianya 6bln sudah tumbuh gigi 2 sedangkan anak
saya sampai usianya 7bln belum tumbuh gigi dan saya sempat khawatir serta
bertanya ke dsanya ketika imunisasi.Menurut dsaku biasanya bayi mulai
tengkurap usia 3 - 6bln, mulai mengambil benda yang menarik usia 6-10bln,
merangkak 5bln - 10bln.Jadi jika telah melewati batas itu atau hampir
mendekati segera bawa anak ibu ke dsa untuk mendapatkan perawatan lebih
intensif. Tepat usia anak saya 7bln 1 minggu giginya keluar 2 dan setiap
1bln tumbuh 2 sekarang usianya udah 9 1/2 bln giginya udah 6buah.

Sebagai masukan juga pertumbuhan dan perkembangan masing2 anak berbeda, ada
anak yang usianya 6bln sudah tumbuh gigi sedangkan anak kita belum, ada anak
yang usia 5bln udah merangkak anak kita. Kita ga perlu membandingkan tapi
justru memberikan simulasi untuk si kecil.

Maaf jika kurang membantu.

Efi_MamaAndra