He...he........he ........, pak Pria,
Saya kok lebih percaya ke sikap dan tingkah balita menurut umurnya, bukan
turunan kalo bapaknya "galak" anaknya pasti "galak". :-))
Bapak-bapak kalo becanda boleh juga nih ........

Jagoan bapak menurut saya adalah tipe agresif atau masih dalam tahap meniru.
Biasanya mainan anak laki-laki adalah tembak-tembakan, tonjok-tonjokkan atau
mainan yang lebih ke fisik - tapi bukan berarti anak perempuan gak yah - .
Coba cek CD-nya ada gak yang ceritanya berantem-berateman - pukul-

Karena umurnya sudah bisa untuk diajak komunikasi , selain diberi pengertian
kenapa tidak boleh dilakukan , gimana kalo mulai dikasih punishment.
Misalnya, gak boleh nonton CD favoritnya kalo kalo memukul / mendorong /
ngegemesin temannya. Atau bacakan cerita yang makna kalau suka "gemes" sama
teman nanti temannya tidak mau bermain lagi. Biasa kisah fabel masih
disenangi dan bisa diandalkan.

Pak Pria, maaf kalo ini tidak membantu, tapi saya pikir nanti juga jagoan
bapak akan berubah, mungkin bapak sama ibu juga jangan bosan untuk terus
kasih pengertian. Bisa juga ini salah satu cara dia untuk mendapat perhatian
dari orang tuanya, sedang mencoba-coba hubungan sebab akibat.

Maaf ya kepanjangan , salam untuk si jagoan. Mungkin aktifitasnya perlu
ditambah pak ...

Thank you and regards,
Ella

email address: [EMAIL PROTECTED]