Terimakasih buat Mbak Elfi (Mama Andra) dan Mbak Heni
atas masukannya yang sangat membantu. Saya pernah
keluar kota sampai seminggu dan "hanya" dapat mompa
ASI (dengan jari) sebanyak setengah liter. Waktu itu
memang langsung saya buang karena kulkas di hotel
tidak bisa dingin banget. Saya jadi was-was takutnya
ASI malah mengandung bakteri.

Repotnya kalau sedang dalam perjalanan yang agak
panjang nih. Biasanya sih pakai bantalan pencegah asi
merembes. Cuma kalau lagi deres selalu saja tidak
mampu menampung padahal tidak ada kesempatan mompa.

Untuk Mbak Indayani, setau saya pompa elektrik maupun
manual sama-sama beresiko mengandung bakteri karena
alatnya tidak bisa disterilkan secara menyeluruh. Dan
entah bener atau tidak, pompa elektrik katanya bikin
payudara lebih sulit untuk kencang kembali.

Terimakasih
IbunyaGandhiYangMasihMenungguTipsLainnya

--- Elfi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Ibunya Gandhi,

Kalau keluar kotanya cukup lama dan perjalanannya
juga perlu waktu lama sebaiknya pada saat diluar kota
ASInya tetap dipompa tapi dibuang aza (walaupun
mubajir). Kalo sebentar sebaiknya dipompa dan disimpan
di freezer aza (kalo penginapannya ada kulkasnya loh),
krn ASI yang disimpan difreezer bisa tahan beberap
minggu bahkan bulan (maaf pastinya lupa).

Untuk memompa dg tangan tapi keluarnya sedikit dan
sakit, solusinya waktu mompanya jangan terlalu jauh
(jika ASI masih produksi banyak) mis 3-4jam sekali
atau jangan tunggu sampai sakit (biasanya payudara
akan kencang tapi tidak sakit). dan sebelum dipompa
biasa di message dahulu dg air hangat sebentar agar
tidak terlalu sakit dan lancar waktu dipompa.

Maafkepanjangandankurangmembantu,

Efi_MamaAndra

heni nur raina <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Ibunya Gandi,

ini ada beberapa cara agar ASI kita bisa bertahan
lama. Kalo dari artikel ini khan bisa sampai 2 bulan
kalo disimpan di frezer yg satu pintu.

Gimana kalo selama di luar kota peras, terus taruh
di frezer. Pulangnya dibawa pake icebox, iceboxnya
dipenuhin es batu. Sampai dirumah langsung deh dikasih
ke Gandi...  semoga membantu

> [...]
> kondisi
> yang baik.
>

> Dibandingkan susu formula, ASI lebih tahan lama.
> Pada
> saat berinteraksi dengan udara luar, biasanya yang
> terjadi bukan pembusukan ASI tetapi lebih merupakan
> berkurangnya khasiat ASI, terutama zat yang membantu
> pembentukan daya imun bayi.
>

> SELAMAT ! Bayi Ibu sungguh beruntung memiliki Ibu
> yang
> menyadari betul arti dan manfaat pemberian ASI dalam
> awal kehidupannya. Semoga ia tumbuh sehat dan selalu

--- "indayani w. prameswari" <[EMAIL PROTECTED]>