Dear Mba Fitri,

Dulu waktu andra seusia alief juga mengalami hal yang sama persis, krn anak
pertama aku juga takut dan khawatir banget, udah 3x bolak-balik dsa ga
berhasil juga walau BABnya ga cair tapi lembek, berlendir, dan ada bercak
darahnya bikin aku makin takut. Sampai2 BABnya aku plototin banget dan
menurut dsanya jika BAB sikecil bercampur darah berarti pencernaanya sedang
terluka jadi susunya harus diganti dg yang free lactosa, makannya bubur
biasa tanpa campuran apapun, dihentikan pemberian biskuit atau makanan
instan (seperti creme nutricia), diberikan obat Lacto_B 1 sachet untuk 3x
minum, dikasih Nifural (kalo ga salah) sejenis copectat, dan antibiotik
untuk 3 hari aza. Jika BABnya tidak bercampur darah (darah lebih dulu keluar
daripada BAB atau sebaliknya) maka terjadi luka didaerah saluran anus
(mengejan), krn sikecil masih aktif dan minum ASInya kencang juga susu
enfamil A+, susu FLnya ga mau jadi aku mix dg enfanya, aku jadi lebih
tenang. Lalu Eyangnya datang dari bandung bawang daun jarak, daun jarak itu
digarang dikompor lalu dilumurin minyak letik dan bawang merah, ditampel
diperut andra sehari bisa 3-4x ganti alhamdulillah keesokan harinya BABnya
normal dan ga ada bercak darahnya. Jadi coba ditampel dg daun jarak dan jika
sikeicl masih ASI tetap berikan sesering mungkin disamping obat2an dari
dsanya tetap diminum.

Maaf jika kepanjangan dan kurang membantu.

Efi_MamaAndra