mbak Astrid,
selamat gabung di milis..

anak saya dua, laki-laki semua (Ajie 6 th & Iqbal 3 th) kebetulan dua-duanya
cukup mudah menggosok gigi,
dari kecil, saya suka ajak dia gosok gigi bareng-bareng sama saya, kadang
harus sambil bercanda-canda juga, maklum anak-anak.. moodnya nggak tentu,
kadang gampang kadang susah. Saya pake dua jenis pasta gigi, karena selera
mereka berdua berbeda. Coba si kecil diajak ke supermarket untuk memilih
sendiri sikat gigi dan odolnya. Akan lebih mudah kalau dia terlibat sejak
awal. Kalau Iqbal sukanya pake sikat gigi yang bertema binatang, kalau lagi
susah saya harus cerita dulu tentang binatang-binatang yang ada di
sikatnya... bahwa mereka (binatang2 itu) belum pada gosok gigi... trus
giginya sakit... jadi harus ke dokter gigi dulu...lalu sikatnya saya bawa
keluar kamar mandi (pura-pura mau ke dokter).. biasanya dia lalu bilang..
nggak usah ke dokter.. sini aja gosok gigi sama ade... hehe..

Soal ngompol, saya punya cerita sendiri..
Sejak kecil kami membiasakan anak-anak untuk pipis sebelum pergi tidur
(siang maupun malem)
trus kalo malem-malem minta minum juga harus pipis dulu sebelum naik ke
tempat tidur lagi. Memang sejak umur 1.5 tahunan mereka sudah tidak ngompol
lagi. Saya cukup disiplin untuk urusan menyuruh  pipis sebelum tidur ini.
Tp akibatnya... sekali waktu pernah kelupaan, saya lagi nganter Iqbal ke
dokter sampai malem, trus Ajie di rumah sama mbaknya. Waktu mau tidur lupa
nggak disuruh pipis dulu... eh jam 3 pagi dia pindah ke kamar saya... udah
ganti celana...rupanya dia ngompol !! padahal umurnya udah 6 tahun.
Saya jadi bertanya-tanya.. kebiasaan yang saya terapkan ini bener nggak ya?
mungkin moms and dads yang lain bisa sharing soal ini..

maaf kalau kurang membantu
Salam,
Wied-Batam