Mama Abel,

Saya pernah melempar pertanyaan serupa di milis ini 8 bulan yg lalu,
waktu itu Aimee umur 3 bulan dan saya sudah bekerja. DIa juga tidak mau
minum pakai dot.

Kebetulan saya berniat untuk ASI eksklusif dan setelah konsultasi ke
dokter ataupun ke Klinik laktasi, justru bagus kalau anak tidak mau
minum pakai dot. Artinya dia ngerti mana yang bagus :). Akhirnya saya,
baby sitternya belajar untuk memberi minum Aimee ASI pakai sendok. Butuh
waktu 2 minggu sampai 1 bulan buat Aimee untuk belajar dan jago minum
pakai sendok. Pada awalnya emang repot dan menolak, tetapi lama-lama
juga mau.

Kalau sendok masih susah, ASI perahnya dikasih dengan pipet. Nanti si
anak akan memilih mana yang lebih nyaman buat dia.

Mbak sebenernya kalau sudah umur 6 bulan, mestinya sudah bisa duduk
yah... kenapa tidak coba berikan ASI perahnya dengan memakai gelas kecil
atau sloki gitu.. Waktu Aimee 6 bulan, saya pikir2 kok kalau minum pakai
sendok banyak yang tumpah juga yah, trus aku coba ajarin minum dari
gelas. Eh malah suka dan cepet tuh habisnya.

Eh mbak kalau boleh Tanya, selama siang hari mbak kerja, Abel minum apa
dong? Susu formula? Air putih? Juice? Masa gak minum sama sekali?
Di kantor, sampai sekarang saya masih sempetin untuk memerah idealnya
sih 2 kali sehari, tapi sekarang Cuma 1 kali. Hasil perahannya mbak bisa
simpan untuk diminum Abel di rumah... Gimana?

Selamat mencoba yah..
Arie