Mungkin apa yang saya alami ini tidak menjawab pertanyaan pak Rahman, tapi mungkin
bisa dijadikan masukan.
Saya punya pengalaman dengan anak saya sendiri, Raihan (30 bulan) sekarang kalau makan
nasi malah ogah-ogahan kalau nggak pakai sayur. Tapi kalau ada sayurnya dia pasti
lahap.
Awalnya karena dulu ketika umur 5 bulan, sudah saya beri bubur instant, nah saat umur
6 bulan buburnya saya beri daun bayam yang sudah saya rebus dan diblender sampai halus
kemudian dicampur ke bubur instantnya. Tapi porsinya sedikit dulu aja.....
Setelah umur 7 bulan saya beri dia nasi tim yang diblender dengan dicampur lauk serta
sayurnya (sayurnya saya tanak dengan nasi timnya, tapi dimasukkan sesaat sebelum nasi
diangkat). Begitu seterusnya malah pernah timnya saya beri bayam 1 ikat, sampai sama
suami dibilangin 'memangnya kambing dikasih sayur segitu banyak...'. Memang untuk
sayur saya beri porsi sama banyak dengan nasi timnya, malah kadang sedikit lebih
banyak sayurnya. Sayurnya bisa apa aja, sejauh dia mau dan bukan sayur yang
membahayakan. untuk buah ya memang yang paling praktis diminum dalam bentuk jus.

Sebetulnya semua itu saya lakukan karena anak tetangga ada yang pada saat sekolah
playgroup, bekalnya selain kue dia juga bawa wortel atau buncis rebus. Dan kata
mamanya memang dia sudah dibiasakan makanannya selalu dicampur sayur.

Rahman Gunawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:rekan-rekan miliser balita-anda yth,
mohon sharingnya anak saya susah banget makan sayur + buah, ada trik
khusus ga supaya dia bisa makan? saat ini salsabila mau makan sayur dan
buah yg masuk hanya bayam ama semangka tapi inipun ga bisa tiap hr, paling
banter 2 atau 3 hr seklai baru dia mau makan

--
Rgds,
Rahman - RR_Soft Lab's