Hello Rini,

Saya mau sedikit sharing nih kebetulan saya sudah punya anak 2 orang,
biasanya kalau anak saya lagi batuk berdahak cukup serius maka dokter
akan menganjurkan supaya diterapi di fisioterapi selain diberi obat-2an
untuk di-minum. Di terapi nanti si anak akan dipanaskan dada dan
punggungnya menggunakan alat, lalu diberi uap (inhalasi) dan terakhir
punggung serta dadanya akan ditepu-tepuk agar slem/lendirnya yang
mengendap bisa keluar. Biasanya pada saat di-uap si anak akan menangis,
supaya terapinya efektif biarkan anak kita menangis selama di-uap bahkan
kalau anak saya tidak menangis justru saya buat dia agar menangis sehingga
obat yang dihisap lewat uap tsb bisa terserap secara maksimal oleh si-anak
dan slem/lendirnya bisa mencair dan keluar lewat batuk. Untuk anak se-usia
itu belum bisa mengeluarkan slem/lendir sendiri, biasanya kalau dia batuk
dan slemnya keluar akan ditelan lagi, kalau hal ini terjadi tidak usah panik
karena hal itu biasa dan semua slem/lendir yang dia telan itu akan keluar
dengan sendirinya bersamaan dengan pupsnya (Buang air besar).
Sehabis diterapi si-anak biasanya akan lebih baikan dan malamnya
bisa tidur lebih nyenyak.

Kalau anak badannya panas biasanya saya kasih tempra drops (dosisnya
tergantung umur dan berat badan si anak) dan dikompres dengan
air hangat (jangan air dingin) ini hanya untuk pertolongan pertama.
Kebetulan di rumah saya sedia obat-2an dan resep cadangan dari dokter,
kalau panasnya cukup tinggi diatas 38,5 derajat celcius saya berikan
puyer untuk obat panasnya agar si-anak jangan sampai kejang (biasanya
di puyer dokter kasih obat anti kejang).

Kalau si-anak hanya pilek saja tanpa panas atau batuk biasanya saya kasih
obat fenistil drops (dosis sesuai umur dan berat badan). Tapi kalau disertai
batuk maka saya kasih puyer dari dokter.
Kalau bisa Rini minta resep cadangan untuk panas, batuk & pilek
jaga-2 kalau si-anak pas sakit jatuhnya hari libur atau dokternya lagi
enggak
praktek, ini sangat membantu kita. Resep cadangan tsb ditebus pada
saat dibutuhkan saja.

Oh ya, anak saya biasanya berobat di RS. Pondok Indah dengan
dr. Hari Martono dan terapinya di RS. itu juga, tapi di RS lain juga ada
koq.
Semoga info ini bisa membantu.