Mbak Hilma,

Seingat saya Bagas juga begitu, waktu berumur setahun.
Tapi marah & kesel, harus ada pelampiasannya, kalo dipendam khan malah nggak
baik.
Berhubung dia belum tahu bagaimana cara melampiaskan kekesalannya .. ya gitu
dech mukul kepala sendiri.

waktu itu sering saya tanya, Bagas lagi kesel ya.. ? (biar dia tahu, kalo
perasaan kayak gini ini namanya kesel ... tapi jangan dilanjutkan dengan
tanya kenapa kok kesel, siapa yang salah, seharusnya khan begini , dll)
karena itu cuma akan bikin dia , makin sebel.  Kalo lagi kesel mending gigit
Singa aja dech.. (ini boneka dia, dari pada dia gigit kita  he..he.. ) ato
kadang juga, mending pukul tembok saja, khan kepalanya jadi nggak pusing
bang.... (paling dua or tiga kali pukul tembok, dia udah brenti, karna
tanganya sakit  he..he..). Ato kalo abang kesel, boleh teriak dech. Ya..
macem macem pokoknya, selama masih aman buat dia, saya oke saja dia
mengekspresikan kekesalannya or kemarahannya.
Sekarang Bagas 23 bulan, nggak usah dibilangin lagi, kalo lagi kesel dia
akan pukul tembok, ato gigit mainannya, ato bahkan nglempar mainannya,
pernah sekali dia lari kenceng banget sambil teriak teriak sepanjang gang
rumah kita.. he..he.. :)), tapi abis itu, dia langsung tenang terus mau
cerita knapa dia kesel, n mau kalo kita bantuin.

Semoga membantu ya..
Mama Bagas

> Ibunya Raihan
> hilma astuti <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Anak saya 14 bulan belakangan suka mukul kepala sendiri kalo lagi kesal.
kadang nggak lagi kesal juga mukul. saya udah coba ngomong baik baik kalo
kepala bukan buat dipukul dll. udah dimarahi juga, tetap aja gitu, sharing
pengalamannya dong, gimana ngatasinya