Pak Supriyadi,

kebetulan saya penderita asma
pada saat hamil, asma saya sempet kambuh sebanyak 2 kali
yaitu pas kehamilan umur 4 bulan dan menjelang 8 bulan.

kalau dulu dsog dan dokter asma saya, menyarankan agar saya perbanyak
istirahat, mengurangi hal hal yang bisa menyebabkan asma saya kambuh,
perbanyak jalan jalan, terutama di pagi dan di lingkungan yang udaranya
bersih .
biasanya para dokter tersebut akan memantau perkembangan kita, mereka akan
lihat apakah kita sanggup untuk melahirkan normal atau tidak.itu juga
tergantung dengan tingkat penyakit asma kita, apabila sudah masuk kronis, ya
mau nggak mau harus dengan jalan CESAR.

kalau pengalaman pribadi saya, sampai menjelang melahirkan sudah bukaan 7 -8
dan ketuban pecah saya masih sanggup melahirkan dengan jalan normal. Tapi
karena posisi bayi saya yang tidak menguntungkan akhirnya pakai operasi
cesar juga.

oh ya, sekedar info tambahan. apabila sang ibu menderita asma, penyakit
tersebut tidaklangsung menurun ke bayi, tapi yang langsung menurun adalah
ALERGI yang diderita sang ibu.

semoga membantu.

-diana-
Bundanya AQIL