Dear Mbak Tika,

Kebetulan Mbak sama dengan saya, menitipkan anak di rumah orangtua. Cuma
bedanya, saya di rumah orangtua bukan mertua.
Saya bisa memaklumi bahwa kita sangat bergantung pada keduanya, baik BS
maupun ortu. BS adalah orang yang mengasuh dan mengurus anak kita dari A -
Z. Sedangkan orangtua (karena faktor usia yang tidak mungkin mengasuh anak
kita) sebatas mengawasi si BS yang tidak mungkin kita tinggalkan berdua
dengan anak saja.

Mbak harus bersikap bijak disini, dengan tidak memihak siapapun. Karena
bagaimanapun kita butuh keduanya. Mbak harus menyelidiki siapa yang benar
diantara keduanya. Kalau memang mertua Mbak yang salah, mungkin suami Mbak
harus memberikan pengertian bahwa kita sangat membutuhkan si BS. Apalagi
kalau si BS ternyata kerjanya bagus dan seperti Mbak bilang, si BS sudah
mengikuti apa yang kita mau. Kan nggak mungkin Ibu mengurus si kecil
sendirian. Apalagi kalau memang benar mertua Mbak suka bicara kasar, selain
BS sudah pasti nggak betah, tidak baik juga buat perkembangan si anak. Tiap
hari yang didengar adalah kata-kata kasar. Dan itu secara perlahan2 akan
menjadi contoh buat sianak. Mbak nggak mau kan anak Mbak tumbuh menjadi
pribadi yang kasar? Tapi tetap juga diberi pengertian ke si BS, biarkan saja
kalau ibu mertua mengomel, nggak usah dimasukin ke hati. "Yang penting kamu
kerja aja yang bener....., apa yang saya perintahkan itu yang kamu lakukan".

Tetapi seandainya memang BS-nya yang ngawur, berarti Mbak yang harus menegur
si BS dimana letak kesalahannya dan bagaimana seharusnya.
Tapi tetap suami Mbak memberitahu ibu mertua, agar lebih sabar, karena
bagaimanapun itu berpengaruh ke psikologis anak dan kita butuh tenaga si BS.
Jadi kalau cuma kesalahan2 kecil aja, mohon dimaklumi.

Mungkin sekian aja Mbak sharing saya, semoga bisa membantu.

Regards,
-Vita-