From: Lilis Suryawati [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, July 16, 2004 9:39 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: Fw: [balita-anda] OOT : Penjelasan LPPOM MUI tentang Kasus
' Brea dTalk'

Dear Moms & Dads,

Kenapa sih kok jadi milis ini jadi mengarah ke SARA dan menyinggung soal
agama gitu, kan kasihan lho anggota milis ini yang bukan muslim. Mbak Lala,
saya pikir pertanyaan Mbak ini dijapri saja deh jangan ke sini, milis ini
bukan untuk bertanya tentang agama. Coba doong rekan2 yang lain jangan
menambah panas milis ini. Saya sudah lama ikut milis ini dan beberapa bulan
terakhir ini kurang lebih 1/2 tahun deh milis ini ribut melulu nggak lain
yang diributkan perihal agama gitu. Dulu-dulunya nih milis tenang deh nggak
kayak gini, semuanya membahas tentang balita, sekarang kok jadi ngawur yah.
Kalau berdagang saya pikir yang ada kaitannya sama moms and dads and
balitanya, saya pikir nggak apa2 toh masih mending daripada meributkan
hal-hal kayak gini. Memang mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, tapi
kan bukan berarti ini milis khusus muslim. Mungkin lebih baik kita ganti
jadi milis keluarga muslim gitu bukan milis balita-anda, jadi ketahuan deh
kalau bukan muslim nggak masuk di milis itu. Nah di milis keluarga muslim,
moms and dads yang muslim bebas mengeluarkan pendapat mengenai halal, haram,
syubhat dan lain-lainnya. Kita ini kan hidup di Indonesia, masih banyak lho
yang non muslim (walaupun minoritas), jadi mohon moms and dads ini berkepala
dingin dan berpikir sehat doong, dari SD s/d SMA sudah diajarkan tentang
Pancasila kan yaitu saling menghormati antar umat beragama (sila ke I) gitu.

Sekali lagi saya mohon kita semua moms and dads disudahi doong membahas
hal-hal seperti ini. Kalau mau membahas juga japri saja antar rekan2 yang
ingin membahas. Tolong hormati juga doong hak umat beragama lainnya untuk
ikut dalam milis ini, kan milis ini adalah universal sifatnya bukan milik
agama tertentu.

Rgrds,
Lilis