Mba ,
Minggu lalu aku baru ikutan seminar untuk balita. Ada pertanyaan mengenai
hal ini dan cara mengatasinya. Jawabannya persis seperti postingannya mba
Niken. Sebaiknya memang kita tidak mencontohkan tusukan kembali ke anak
kita, karena secara gak langsung kita bilang bahwa tindakan itu OK.

Kita bilang, bahwa menyakiti orang itu tidak baik. Dan bilang bahwa kita
mengerti mungkin farrel sedang kesal atau marah tapi tetap tidak boleh
menusuk. Karena mamanya teman farrel itu akan sedih, seperti kalau farrel
disakiti seperti itu mama juga akan sedih. Lalu bilang bahwa farrel harus
janji tidak melakukannya lagi.

Tetapi komunikasi seperti ini tidak hanya sekali kita bilang, harus
berulang-ulang, sampai sianak mengerti maksudnya - bukan dalam sehari kita
ngomong ini terus lho, tapi diwaktu-waktu senggang kita bisa singgung, bukan
kejadiannya tapi tentang menyakiti orang itu adalah tidak baik - .
Tetapi caranya coba tidak dengan mengancam, menasehati, dan menyalahkan .
Seperti diskusi saja dan lebih efektif kalo anak tersebut melihat mata kita
.

Mudah-mudahan bermanfaat ya mba.

Thank you and regards,
Ella