Biar yang ngga ngerti bahasa Jawa Surabaya biar ngerti.

=======
LUBANG
=======
Sakri dan Nasip pergi mancing. Tiba-tiba Nasip nglihat lubang besar. "Eh
.. yuk ditest seberapa dalam sih lubang ini" kata Nasip. Sakri ngambil
batu kali terus dilempar ke lubang tadi.
Lama ngga ada suaranya sama sekali ...

"Wuah dalam sekali ...", kata Sakri
"Batunya kurang besar kali, coba Kelapa", kata Nasip.
Sakri ngambil kelapa lalu dilempar lagi ke lubang.
Sepi nggak ada suaranya ...
"Wuah dalam sekali ...", kata Sakri
"Bentar cari yang lebih besar lagi", kata Nasip

Setelah nyari kesana kemari, dua orang tersebut menemukan beton bekas
bantalan rel kereta api. Berhubung berat, beton tersebut digotong berdua
terus didorong masuk ke lubang.
Tapi ya gitu, luamaa nggak ada suaranya ..

"Dalam sekali lubang ini ..." kata Sakri.
Tiba-tiba dari semak-semak, ada kambing lari mo nabrak dua orang
tersebut. Untung dua orang tersebut bisa ngehindar. Tapi kasian
kambingnya masuk ke lubang. Kagetnya masih belum hilang, tiba-tiba Pak
Dri sambil bawa Arit (Clurit) bertanya kepada kedua orang itu.

"hey, kalian lihat yang nyuri kambingku ? Biar saya bacok orangnya !!!",
tanya Pak Dri.
"Wah nggak ngerti, Pak Dri, tapi baru saja ada kambing masuk ke lubang
itu", kata Nasip.
"Oo nggak mungkin .. bukan kambing saya kalo yang itu, kambing saya tadi
saya ikat di beton rel kereta api"

========
Mbaj Jo (Kakek Jo)
========
Mbah Jo dirawat di rumah sakit. Kata dokter asmanya sudah kronis,
hidungnya sampai dipasang selang. Sudah beberapa hari ini mbah Jo diam
saja seperti orang koma, matanya saja yang merem melek.

Dikira sudah waktunya meninggal (mangkat), anaknya manggil ustad biar
didoakan. Ketika ustadnya lagi enak-enaknya berdoa, tiba-tiba mbah Jo
megap-megap nggak bisa bernapas, wajahnya pucat, tangannya gemeter.
Dengan menggunakan bahasa isyarat mbah Jo meniru gerakan orang menulis.
Anaknya ngertia maksudnya, langsung diambilkan kertas dan pulpen. Sambil
megap-megap, mah Jo menulis surat.

Dengan sisa-sisa tenaganya mbah Jo memberikan suratnya tadi ke pak
ustad. Oleh pak ustad kertanya tadi langsung dimasukkan ke saku, rasanya
kok nggak tepat membaca surat wasiat saat ini, pikir pak ustad. Setelah
memasukkan surat ke saku pak ustad melanjutkan doanya.

Tak lama kemudian mbah Jo meninggal. Banyak orang yang merasa
kehilangan, sebab walaw pun serem, mbah Jo itu orangnya baik.

Saat selametan tujuh harinya mbah Jo, pak ustad diundang lagi. Setelah
memimpin doa. pak ustad baru inget kalo dia pake baju batik ketika mbah
Jo meninggal. Kan di sakunya ada titipan suratnya mbah Jo, waduh untung
inget aku, pikir pak ustad.

"Sodara-sodara semua, ada surat dari almarhum mbah Jo yang belum saya
sampaikan ke anda semua. Kalo melihat mbah Jo saat hidupnya, isinya
seharusnya nasehat untuk anak cucunya semua. Ayuk dibaca bareng-bareng
isi suratnya".

Lalu pak ustad mengambil surat yang disakunya, ketika dibaca ternyata
isinya ...

HE ... MINGGIR TAD !!! JANGAN BERDIRI DIATAS SELANG OXIGENKU !!!

=============
Kaspo thok (baca: Bohong aja, bahasa gaul)
============
Sudjak pamit ke istrinya mau beli rokok sebentar. Habis beli rokok,
tiba-tiba Sudjak ketemu bekas pacarnya dulu. Tak terasa enak-enak
pacaran ternyata sudah jam duabelas malam.

"Wadu ... Gawat ini, bisa mencak-mencak istri saya. Saya minta bedakmu
sedikit", kata Sudjak ke bekas pacarnya. Habis minta bedak, Sudjak
pamitan pulang.

"Kemana saja kamu itu mas, beli rokok ke Hongkong kah?", istrinya mulai
sewot.
"Gini lho, dik. Habis beli rokok aku ketemu cewek ayu terus diajak
pacaran sampe lupa pulang", kata Sudjak.
"Mas ... mas ... modelmu aja pake pacaran segala ... bentar lihat
tanganmu !!!", kata istri Sudjak.
Ketika dilihat tangan Sudjak putih semua.
"Kaspo thok (baca: bohong aja) ..!!! Lain kali kalo ketahuan maen
karambol lagi awas kamu yah !!!"

Isi content hasil terjemahan bukan tanggung jawab redaksi.

Ayahnya Aldi
http://www.rindudendam.com