.

kalau sholat ied mah pasti lah... reva ikut, se ga wajib wajibnya sholat
ied... itu setahun sekali dan 2 kali dgn sholat ied adha, dan belum tentu
sholat ied tahun depan kita masih ada kesempatan.

alhamdulillah reva bisa khusyu, saat jamaah ga ada tuh ocehan dia.
tapi persiapan ke mesjid itu udah dilakukan jauh jauh hari,
bbrp hari sebelum sholat ied, aku terus menerus cerita soal sholat
berjamaah, dimana asyiknya semua orang diam dan mengikuti imam
kita boleh bicara gantian setelah imam gitu
saat penceramah bicara, baru kadang kadang reva ngoceh ga tahan pengen tanya
knp dan knp, penceramah bicara begitu.
dan setelah aku jawab, aku terus ingetin reva gantian ya ngomongnya, kalau
pak ustad di depan selesai bicara baru reva tanya, nanti tante dan om yg
lain bingung mau denger reva atau ustadz :)

itu cukup berhasil 2 lebaran terakhir, mudah-mudahan lebaran esok dan
seterusnya berhasil juga, waktu baby reva di kereta nyaman bermain dgn
mainan, tapi inget taruh di samping dimana kalau lirikan masih bisa...
aplagi tempat terbuka, ya abis waktu itu jaman penculikan jd aku parno.

tapi ya kalau lagi sholat sendiri ya gitu heboh, sesekali saat sujud dia
manjat ke punggung, jd aku sujud agak lama, nasehat tin aja terus someday
mudah-mudahan dia mengerti spenuhnya.

tapi ada bbrp kejadian lucu sih
1. pertama kali ke mesjid yang aku katakan pd reva adalah rumah allah, dia
tanya mana ALLAHnya bunda?? manna reva mau liat, tinggal aku yg bengong
jawabnya
2. pernah acara buka bersama saat tarawih ada orang yg sendawa, eh reva
spontan, uuuusssyy jgn berisik, nanti allah ga sayang, hehehehe bbrp
termasuk aku jd senyum, nah ini jd ga kusyu deh yg pada sholat

oh iya.. utk tarawih aku ga ngoyo utk ajak reva krbn
kalau reva minta ke mesjid, ya ayo... kalau ga ya sudah mengalah menjaga
rumah berduaan reva
1. banyak orang dewasa
2. musim lagi ga jelas, ujan dan panas, saat begini virus gentayangan, dan
daya tahan tubuh sedang menurun, penularan virus apalagi flu lebih cepat
3. tarawih lebih lama krn minimal 11 rakaat dan belum lagi ceramah, sulit
membuat anak betah, dan kalau emang lagi ada yg sakit, terpapar virus lebih
lama

ya nantilah diatas lima tahun, daya tahan tubuh anak udah jauh lebih baik,
baru bisa diajak perkenalan lebih rutin, biar 7 tahun dah terbiasa deh

salam

bunda reva