Date: 10/19/04 12:52:16
Subject: RE: [balita-anda] Balita Saya Panas Kembali

Pak,

Stop semua obat nya. Coba bapak browse ke www.medicastore.com waduh...
cefat itu antibiotik golongan yg kuat dan buat apa diberi stesolid, apa
anak bapak punya riwayat kejang? Trus apakah batuknya sampe sedemikian
parah sehingga harus dikasih obat batuk? Terang aja pak tubuhnya lemes
orang obat2 yang diberikan adalah obat keras...

Ngomong2nya demamnya sampe berapa derajad sih dan sudah berapa hari?

Gini ya pak, demam itu kan gejala, reaksi alami tubuh yang menandakan
adanya infeksi dari dalam tubuh. Meminjam istilahnya mbak lulu demam itu
seperti alarm kebakaran untuk memberi tau kita bahwa sedang terjadi
kebakaran. Sekarang tugas kita adalah mencari sumber kebakaran tersebut.
Pada anak balita 90% kasus demam disebabkan oleh virus bukan bakteri.
Dan viral illness tidak bisa diobati dengan antibiotik karena antibiotik
kan obat untuk "membunuh" bakteri. Penyakit yang disebabkan oleh virus
most of the case are self limitation.

Trus kenapa mesti demam, karena memang harus demam supaya virusnya mati.
Kalo tidak demam ya virusnya gak bakal mati. Anak dikatakan demam kalau
suhunya diatas 38,3 derajad (usia 0-6) bulan. Sanmol atau painkiller
lain diberikan untuk membuat anak lebih nyaman. Treatment yang benar
coba bapak kompres dengan air hangat dan terus observasi apakah ada
perubahan tingkah laku dan pola makan. Kalau lebih dari 3 hari masih
demam, sebaiknya bapak tes urin rutin untuk mengecek kemungkinan ISK.

Batuk juga merupakan reaski alami tubuh untuk mengeluarkan zat yang
mengganggu di tenggorokan, misalnya lendir. Nah obat batuk kebanyakan
mengandung cough suppresant alias peredam batuk, padahal ini justru
berbahaya karena yang seharusnya dikeluarkan malah didiamkan untuk
sementara sehingga jadi laten.
Kalau misalnya anak bapak juga sakit gak sembuh2 cek apakah ada anggota
keluarga bapak ada yang sakit, jika demikian mungkin akan menjelaskan
kenapa tidak sembuh2.

Saran saya stop obatnya ya.. pak, kasian Adinda masih 5 bulan udah
dicekokin obat yang tidak perlu. Kasihan lever dan ginjalnya juga..

Semoga berkenan,
Arie