Mbak Rahma,

penerbangannya domestik or international? Saya blum pernah naik pesawat dengan
kandungan usia 7 bulan sih, nggak berani hehehehe...terakhir saya naik pesawat waktu
umur kandungan 5 bulan.

Tapi sesuai posisi di kantor jadi sekretaris yang ngurusin boss dan istri buat
travelling, sepengalaman saya klo itu domestik flight usia 7 bulan masih boleh
(Garuda) apalagi WNI. Klo international flight seperti SQ, CX, MY, QA, dll WNI hanya
boleh sampai dengan usia kehamilan 6 bulan. Klo warga negara dari airlines yang
bersangkutan sampai dengan 7 bulan, diatas itu harus ada surat keterangan tertulis
dari dokter dan surat pernyataan dari passenger bahwa klo terjadi sesuatu nggak akan
nuntut airlines yang bersangkutan. Ini pernah dialami oleh mantan boss saya yang
istrinya mo pulang ke Aussi buat ngelahirin, waktu itu usia kehamilan 8 bulan
lebih, surat-surat buat QA cukup ribet juga. Klo saat ini saya lagi ngurus surat buat
istri boss yang mo ke KUL in the next 2 weeks dimana usia kehamilan udah 7 bulan tapi
mo naik MY berhubung dia WNI maka buat lolos duduk di dalam pesawat surat nya beribet
juga. Disamping surat keterangan dari DSOG, juga surat pribadi +
persetujuan suami dan dokter dari airlines ybs mengenai ijin terbang pake MY.

Happy fliying yach,
Dewi