Dear Mbak Rahma,
Saya pernah menanyakan hal yang sama di milis balita anda waktu saya hamil 8 bulan.
Kesimpulan yang saya dapat dari sharingnya Moms & Dads adalah:

1. Selama kandungan gak ada masalah (tidak punya penyakit hipertensi, diabetes,
pendarahan, dll) maka naik pesawat komersial aman-aman saja, karena tekanan udara di
dalam pesawat komersial sudah disesuaikan sehingga tidak akan mengganggu ibu maupun
janin.

2. Policy setiap maskapai penerbangan mengenai batas ibu hamil yang diperbolehkan naik
pesawat berbeda-beda (biasanya sih 8 atau 9 bulan ke atas). Maka sebaiknya Mbak Rahma
minta surat keterangan dsog bahwa Mbak diperbolehkan naik pesawat. Daripada nanti udah
sampe airport taunya gak boleh naik karena lagi hamil, bete banget, khan...??   ;-)

3. Penerbangannya berapa jam, Mbak? Kalo cuma 1-2 jam sih gak masalah. Tapi kalo
penerbangannya lama, yang harus diingat: jangan sampe dehidrasi, jadi harus minum
banyak, dan jangan kelamaan duduk terus. Sebentar-bentar jalan-jalan di koridor
pesawat buat ngelancarin peredaran darah. Biar nyaman, kalo bisa pilih tempat duduk
yang agak lega space-nya biar bisa selonjorin kaki.

Ok deh, semoga lancar perjalanannya dan juga kehamilannya, ya Mbak. Enjoy your trip!

Salam,
Mira

[EMAIL PROTECTED]
Others, 01/11/2004 02:52 PM