iswi
pt. berca schindler lifts
menara rajawali lt. 5 podium
jl. mega kuningan lot 5.1
jakarta 12950

----- Forwarded by Iswidiarti Iswidiarti/FIN/JKT/SCHINDLER on 03/11/04
13:41 -----

                      "bayugautama"

                      <[EMAIL PROTECTED]        To:       [EMAIL PROTECTED]

                      o.com>                   cc:

                                               Subject:  [daarut-tauhiid] Multilevel
Kebaikan
                      03/11/04 07:04

Multilevel Kebaikan

Ada teman yang pernah bertanya, "apa sih yang membuat kamu senang
membantu orang lain?"

Saya berikan dia dua jawaban, pertama, karena Allah senang dengan
orang-orang yang suka membantu saudaranya. Allah akan memberikan
kemudahan bagi orang yang memudahkan orang lain. Kedua, saya berjanji
kepada seseorang untuk terus berbuat baik membantu orang lain.

"Seseorang …?" teman saya makin bingung.

Baiklah, saya akan perjelas.
Beberapa tahun lalu saya pernah berada dalam kesulitan keuangan.
Kuliah saya terancam berantakan karena saya tak mampu mengumpulkan
uang kuliah dari sisa-sisa gaji saya yang memang kecil. Saya nyaris
putus asa dan berpikir akan mengakhiri kuliah saya dan berhenti di
tingkat dua saja. Biarlah tinggal mimpi, pikir saya.

Disaat kebingungan dan putus asa melanda itulah, ada seorang sahabat
yang datang menanyakan kabar saya dan juga studi saya. Karena kami
biasa berterus terang tentang segala hal, saya katakan kondisi saya
baik-baik saja. Tapi kuliah saya yang terancam gagal. Mendengar
pengakuan saya, sahabat tersebut kemudian menawarkan bantuan sejumlah
uang untuk membayar uang kuliah saya yang tertunggak.

Tanpa basa-basi, saya langsung menerima tawaran tersebut tanpa
berpikir terlebih dulu bagaimana nanti menggantinya.

Di akhir semester empat, saya sempat bertanya kepadanya perihal
bantuan yang diberikan kepada saya. Ada yang membuat saya heran dengan
jawabannya, "Saya hanya berjanji kepada seseorang untuk senantiasa
berbuat baik membantu orang lain"

Kemudian ia memperjelas,
Ia pernah mendapati ibunya yang sakit keras dan harus segera dibawa ke
rumah sakit. Namun tak sepeser pun uang yang ia dan anggota keluarga
lain miliki saat itu. demi kesembuhan ibunya, ia nekat menghubungi
satu persatu orang yang dikenalnya yang mungkin bisa membantu biaya
pengobatan. Hingga akhirnya, ada seorang sahabat lamanya yang dengan
cuma-cuma membiayai seluruh biaya yang dibutuhkan untuk kesembuhan
sang ibu.

Terheran sahabat itu bertanya, "Kenapa kamu mau membantu saya?"

Jawabnya, "Karena saya telah berjanji kepada seseorang untuk
senantiasa berbuat baik membantu orang lain"

Menurut cerita sahabat saya, sahabat lamanya itu pernah pula mendapati
kesulitan dalam hidupnya. Ia hampir tak tahu kemana lagi meminta
bantuan hingga ia bertemu dengan seseorang yang tak dikenal
sebelumnya. Setelah berterus terang, orang tak dikenal itu pun
memberikan apa yang dibutuhkan sahabat lama itu. kepada orang itu ia
bertanya, "Anda sebelumnya tidak mengenal saya, kenapa Anda mau
membantu saya?"

Anda sudah bisa menduga jawabnya bukan? Tapi ada pertanyaan kedua dari
sahabat lama sahabat saya itu, "Bagaimana saya mengganti kebaikan Anda
ini?"

Orang tak dikenal itu menjawab, "Berjanjilah untuk melakukan banyak
hal untuk membantu kesulitan orang lain. Itu lebih baik nilainya
daripada mengganti apa yang telah saya berikan"

Begitulah seterusnya hingga saya tak pernah tahu siapa yang pertama
kali menyulam jaringan amal kebaikan ini. Sungguh, saya tak pernah
tahu. Hanya saja yang pasti akan saya lakukan setiap kali memberikan
bantuan kepada orang lain, saya akan berkata, "Berjanjilah untuk
melakukan kebaikan yang sama terhadap orang lain yang membutuhkan"

Bayu Gautama

http://us.click.yahoo.com/L5YrjA/eSIIAA/yQLSAA/vbOolB/TM