From: "rita mardalina" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Thursday, November 04, 2004 3:20 PM
Subject: RE: [balita-anda] Puteri saya suka bilang "Bego !"

Lho saya juga tinggal di lingkungan Betawi, dan sejak umur 1 tahun anak saya
sudah bergaul dengan tetangganya, kadang dia main keluar kadang
teman-temanya sampai 5 orang main ke rumah. Tapi biar teman-temannya suka
ngomong seperti itu tapi anak saya mulai ngerti kok kalu dia nggak boleh
ngomong jelek. Emang harus rajin kitanya ingetin (tapi nggak bisa dimarahin)
dan nggak bisa sekali dua kali.
Justru kalu teman-temannya main ke rumah lebih enak ngontrolnya, kita pasang
aturan bahasa, walau rumah lebih sering berantakan jadinya. Pas main dirumah
itu malah saya suka ngomong ke anak-anak lainnya supaya jangan ngomong yang
kasar baik dirumah saya atau di luar rumah. Biasanya anak-anak mau juga kok
diomongin kalu caranya baik-baik n sambil becanda.
Justru ada anak tetangga yang jarang main dengan anak-anak sekitar tapi
ngomongnya jelek banget-banget deh. Sampai waktu itu ayahnya kecelakaan
terus diantar suami saya ke RS dan balik kerumah dikatain anaknya "Ayah,
mampus lu, sialan". Apa nggak ngenes dengernya. Jadi yah yang namanya Betawi
Walau emang kadang ngomongnya terlalu ceplas ceplos seenak perutnya tapi
bukan berarti karena bergaul dengan orang betawi kan.
Kalu baru-baru aja dia ngomong jelek, wajar aja namanya sedang eksplorasi
dan dia nggak tau mana yang bagus mana yang jelek, tugas kita sebagai ortu
yang harus mengarahkan. Kalu saya pikir sih harus perlu tau juga darimana
dia dapat bahasa itu nanti kan treatmentnya lebih terarah gitu.