Ma kasih ya mbak buat infonya, aku mo coba
mudah2an bisa, btw tempolong itu apa toh ?

salam,

"Susanna Oktavia" <[EMAIL PROTECTED]> on 11/09/2004 03:08:23 PM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]

To:   [EMAIL PROTECTED]
cc:    (bcc: Oktiarti/BSFM)

Subject:  RE: [balita-anda] Diapers untuk New Born/ Melatih Bayi Untuk Pipis

Dear Ibu2 dan Bapak2,
Gillian saya berusia 4 bulan dan memang dari satu bulan saya latih dia untuk
pipis.Pertamanya rasanya hal tersebut kurang mungkin, tapi karena takut kulitnya
sensitif ketika baru lahir, mau ga mau saya tidak tega memakaikan pampers selama
24 jam ( bayakngkan kalau kita - maaf - ketika datang bulan memakai pembalut
saja sudah tidak enak ).Yang ada cucian sang suster buanyak banget,ya ada
celanalah plus kain buat tatakan.Belum lagi kalau dia lagi tertidur tiba2 harus
terbangun karena bajunya basah kuyup karena pipisnya banyak.Terus saya mendengar
dari ibu saya bahwa konon waktu semua anak ibu saya sudah dilatih untuk pipis di
tempolong (tentunya sambil digendong) pas begitu keluar dari rumah sakit karena
jaman dulu tidak ada yang namanya diapers.
Kuncinya ternyata SABAR.Setiap kali saya berusaha membuat dia pipis dengan
mengeluarkan suara "ssyuh..........ssyuh........". Pertamanya tentunya dia tak
mengerti jadi biasanya saya pancing dengan menggunakan kapas basah yg saya peras
airnya di alat kelaminnya sambil mengeluarkan suara tadi.Lama kelaman sekarang
tanpa kapas basahpun kalau dia sedang disuruh pipis, dia sudah tau.Pertama2 sih
sempat rasanya kecewa karena hampir tiap kali tidak berhasil tapi lama kelamaan
bisa tuh.Apalagi sekarang kalau dia tiba2 ngamuk,saya juga sudah tau bahwa dia
mau pipis,walau terkadang sempat kelupaan.Ya kalau kelupaan sih ada lah, tapi
yang jelas palingan dia ngompol sehari 5 kali doank.Gillian kan full ASI jadi
sebentar2 dia bisa pipis, malah kalau saya hitung mungkin kalau tidak disuruh
pipis, mungkin dalam sehari bisa 7 - 20 buah celana yg basah belum lagi
popok2nya. Semoga sharing ini membantu ya

Susan