Tips Menyimpan Makanan

Untuk menghemat waktu, Ibu-ibu biasanya belanja langsung untuk beberapa
hari. Tetapi karena teknik penyimpanan yang kurang tepat, bahan makanan itu
bisa rusak sebelum dimasak. Perlu teknik sederhana untuk menanganinya.

Ibu Nia adalah seorang eksekutif muda di sebuah perusahaan swasta. Tetapi
karena ingin menyajikan yang terbaik buat suami dan dua anaknya, ia memilih
belanja sendiri. Karena kesibukan, ia hanya sempat belanja pada hari Sabtu
atau Minggu, dengan membeli sekaligus untuk kebutuhan satu minggu. Ia beli
daging, ayam, ikan, sayur buncis, wortel, bayam, sejumlah makanan kaleng,
nugget, pisang, telur dan bumbu-bumbuan. Tetapi pada pertengahan pekan
biasanya bahan-bahan itu mulai kurang baik. Padahal ia sudah menyimpannya di
lemari pendingin. Apa yang salah pada penanganannya?

Memang bahan makanan segar memiliki karakter dan sifat-sifat yang
berbeda-beda. Ada yang bisa disimpan untuk jangka waktu lama, ada yang harus
segera dimasak, ada yang harus disimpan di freezer, tetapi ada pula yang
sebaiknya tidak disimpan di dalam lemari pendingin. Untuk itu perlu
dicermati cara-cara penyimpanan yang tepat, untuk mendapatkan hasil yang
lebih baik.

Pada dasarnya penyimpanan bahan makanan segar tidak dapat meningkatkan mutu.
Yang dapat kita lakukan hanyalah mempertahankan mutu yang ada agar bertahan
pada kurun waktu tertentu. Oleh karena itu kunci utama dalam menyimpan bahan
segar adalah mutu awal dari bahan itu sendiri. Kalau sayurnya atau ikannya
sudah tidak segar lagi, meskipun disimpan di dalam freezer tetap saja tidak
akan memperbaiki mutu. Oleh karena itu usahakan selalu memilih bahan makanan
yang masih benar-benar segar.

Ciri-ciri bahan makanan segar berbeda-beda untuk masing-masing komoditas.
Ikan, misalnya, harus memiliki mata yang bening, sisiknya lengkap, insangnya
berwarna merah segar, teksturnya masih kompak dan baunya segar khas ikan,
tanpa bau busuk atau menyimpang. Sedangkan sayuran yang segar adalah tidak
layu, tidak busuk, penampakan utuh, tidak ada aroma menyimpang dan tidak ada
cacat.

Sebelum disimpan, bahan-bahan itu harus dalam keadaan bersih. Sebab bahan
makanan yang kotor menyimpan mikroorganisme yang dapat mempercepat proses
pembusukan. Untuk sayuran, harus dicuci bersih dengan menggunakan air
mengalir, agar jika ada residu pestisida dapat ikut hanyut bersama air
tersebut. Demikian juga untuk daging dan ayam harus dicuci bersih dan
dibersihkan sisa-sisa darah yang masih menempel. Khusus untuk ikan, sebelum
dicuci harus dibersihkan dulu isi perut dan sisiknya, baru dicuci dengan
bersih.

Setelah semuanya dalam keadaan bersih, bahan-bahan tersebut dipisahkan
sesuai dengan golongannya masing-masing. Penggolongan ini biasanya
didasarkan pada kandungan protein dan bentuk fisiknya. Makanan berprotein
tinggi, seperti daging, ayam dan ikan dipisahkan dari bahan makanan
berprotein rendah, seperti sayuran dan buah-buahan. Bagi yang berprotein
tinggi sebaiknya disimpan di freezer (bagian atas lemari es dengan suhu
minus). Karena bahan yang disimpan di dalam freezer akan membeku, maka
sebaiknya dibungkus dengan plastik dengan ukuran sekali masak. Hal ini untuk
mempermudah pengambilan bahan pada saat sudah beku. Ketika makanan itu akan
dimasak, sehari sebelumnya diambil dan disimpan di lemari pendingin (dengan
suhu sekitar 5oC di bagian bawah) untuk proses pencairan (thawing).
Pencairan ini sebaiknya tidak dilakukan di luar karena akan mengundang
masuknya bakteri dan mikroba penyebab kebusukan.

Untuk produk sayuran sebaiknya dipisahkan berdasarkan bentuk fisiknya, yaitu
sayuran yang berbentuk daun dan sayuran berbentuk buah atau umbi. Sayuran
berbentuk daun sebaiknya disimpan di bagian paling bawah (dengan suhu
tertinggi) lemari pendingin. Sedangkan untuk sayuran berbentuk buah dan umbi
dapat diletakkan di bagian tengah atau pintu. Buah-buahan dengan aroma
tajam, seperti duren dan nangka, sebaiknya tidak disimpan di dalam lemari
pendingin, karena baunya akan menyebar dan menyebabkan kontaminasi pada
bahan makanan lainnya.

Selain itu ada beberapa bahan segar yang justru tidak boleh disimpan di
lemari pendingin. Sebab suhu optimal penyimpanannya berada pada suhu kamar.
Salah satu contohnya adalah pisang. Jika buah ini disimpan di dalam lemari
pendingin, justru akan terjadi kerusakan dengan timbulnya bercak-bercak
hitam pada bagian kulitnya. Oleh karena itu pisang jangan disimpan di dalam
lemari pendingin.

Buah-buahan yang masih mentah dan ditunggu proses pematangannya juga tidak
boleh disimpan di dalam lemari pendingin. Sebab suhu yang rendah akan
menyebabkan proses respirasi terhambat, sehingga proses pematangan yang
ditunggu itu tidak akan terjadi, bahkan akan mengalami pelunakan tekstur
sebelum matang. Misalnya jika anda membeli pepaya atau mangga yang masih
dalam keadaan mengkal (setengah masak) dan akan ditunggu proses
pematangannya di rumah.

Bumbu-bumbuan, seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe dan
lain-lain, sebaiknya diletakkan di luar lemari pendingin. Selain aromanya
yang tajam, bahan ini juga perlu kondisi yang kering. Oleh karena itu dapat
disimpan di sebuah tempat yang kering dan jauh dari air.

Terakhir, lemari penyimpan adalah sumber kontaminasi mikroba jika berada
pada kondisi kotor. Oleh karena itu setiap minggu sebaiknya lemari pendingin
dibersihkan dari sisa-sisa bahan makanan yang masih tersisa. Misalnya
sisa-sisa daun, batang dan daging yang menempel. Sebab meskipun di dalam
suhu rendah mikroba bukannya tidak tumbuh sama sekali, tetapi hanya dihambat
pertumbuh-annya. Oleh karena itu lemari pendingin harus dalam keadaan bersih
sebelum diisi dengan bahan baru yang segar.