Ini saya copy artikel mengenai Meningistis Mbak, semoga membantu
Untuk vaksinnya katanya sih ada, tp saya baru konsultasi nanti malam sama
dokter.

NAMA
Meningitis Bakterialis

DEFINISI
Meningitis Bakterialis adalah peradangan pada meningen (selaput otak) yang
disebabkan oleh bakteri.

Meningitis paling sering menyerang anak-anak usia 1 bulan- 2 tahun.
Lebih jarang terjadi pada dewasa, kecuali mereka yang memiliki faktor resiko
khusus.
Wabah meningitis meningokokus bisa terjadi dalam suatu lingkungan, misalnya
perkemahan militer, asrama mahasiswa atau sekumpulan orang yang berhubungan
dekat.

PENYEBAB
Bakteri yang menjadi penyebab dari lebih 80% kasus meningitis adalah:

Neisseria meningitidis
Hemophilus influenzae
Streptococcus pneumoniae.
Ketiga jenis bakteri tersebut, dalam keadaan normal terdapat di lingkungan
sekitar dan bahkan bisa hidup di dalam hidung dan sistem pernafasan manusia
tanpa menyebabkan keluhan.Kadang ketiga organisme tersebut menginfeksi otak
tanpa alasan tertentu.
Pada kasus lainnya, infeksi terjadi setelah suatu cedera kepala atau akibat
kelainan sistem kekebalan.

Resiko terjadinya meningitis bakterialis meningkat pada:
- penyalahguna alkohol
- telah menjalani splenektomi (pengangkatan limpa)
- penderita infeksi telinga dan hidung menahun, pneumonia pneumokokus atau
penyakit sel sabit.

Bakteri lainnya yang juga bisa menyebabkan meningitis adalah Escherichia
coli (dalam keadaan normal ditemukan di dalam usus dan tinja) dan
Klebsiella.
Infeksi karena bakteri ini biasanya terjadi setelah suatu cedera kepala,
pembedahan otak atau medula spinalis, infeksi darah atau infeksi yang
didapat di rumah sakit; infeksi ini lebih sering terjadi pada orang yang
memiliki kelainan sistem kekebalan.

Penderita gagal ginjal atau pemakai kortikosteroid jangka panjang memiliki
resiko yang lebih tinggi untuk menderit meningitis yang disebabkan oleh
bakteri Listeria.

GEJALA
Demam, sakit kepala, kaku kuduk, sakit tenggorokan dan muntah (yang
seringkali terjadi setelah kelainan sistem pernafasan), merupakan gejala
awal yang utama dari meningitis.
Kaku kuduk bukan hanya terasa sakit, tetapi penderita tidak dapat atau
merasakan nyeri ketika dagunya ditekuk/disentuhkan ke dadanya.

Penderita dewasa menjadi sangat sakit dalam waktu 24 jam, sedangkan
anak-anak lebih cepat.
Anak yang lebh tua dan dewasa dapat menjadi mudah tersinggung, linglung dan
sangat mengantuk. Bisa berkembang menjadi stupro, koma dan akhirnya
meninggal.

Infeksi menyebabkan pembengkakan jaringan otak dan menghalangi aliran darah,
sehingga timbul gejala-gejala stroke (termasuk kelumpuhan).
Beberapa penderita mengalami kejang.

Sindroma Waterhouse-Friderichsen merupakan infeksi oleh Neisseria
meningitidis yang berkembang dengan cepat, dengan gejala berupa diare hebat,
muntah, kejang, perdarahan internal, tekanan darah rendah, syok, yang
seringkali berakhir dengan kematian.

Pada anak- anak yang berusia sampai 2 tahun, meningitis biasanya menyebabkan
demam, gangguan makan, muntah, rewel, kejang dan menangis dengan nada tinggi
(high pitch cry).
Kulit diatas ubun-ubun menjadi tegang dan ubun-ubun bisa menonjol.
Aliran cairan di sekeliling otak bisa mengalami penyumbatan, menyebabkan
pelebaran tengkorak (keadaan yang disebut hidrosefalus).
Bayi yang berusia dibawah 1 tahun tidak mengalami kaku kuduk.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

Untuk menentukan penyebabnya, dilakukan pemeriksaan pungsi lumbal.
Sebuah jarum kecil dimasukkan diantara 2 tulang pada kolumna spinalis bagian
bawah dan diambil contoh cairan serebrospinal.
Cairan diperiksa dibawah mikroskop dan dibiakkan. Untuk membantu menentukan
jenis infeksi, juga dilakukan pemeriksaan kadar gula, protein serta jumlah
dan jenis sel darah putih di dalam cairan serebrospinal.

Untuk memperkuat diagnosis, juga dilakukan pembiakan dari contoh darah, air
kemih, lendir hidung dan tenggorokan serta nanah dari infeksi kulit.

KOMPLIKASI

Meningitis bakterialis (terutama yang disebabkan oleh Neisseria
meningitidis) bisa menyebabkan tekanan darah yang sangat rendah, sehingga
penderita memerlukan cairan tambahan dan obat-obatan untuk mengatasi keadaan
tersebut.

PENGOBATAN
Segera diberikan antibiotik intravena dan kortikosteroid intravena untuk
menekan peradangan.

Cairan diberikan untuk menggantikan kehilangan cairan karena demam,
berkeringat, muntah dan nafsu makan yang buruk.

PROGNOSIS

Jika segera diberikan pengobatan, maka jumlah penderita yang meninggal
mencapai kurang dari 10%.
Tetapi jika diagnosis maupun pengobatannya tertunda, maka bisa terjadi
kerusakan otak yang menetap atau kematian, terutama pada anak yang sangat
kecil dan pada usia lanjut.

Sebagian besar penderita bisa sembuh sempurna, tetapi beberapa penderita
sering mengalami kejang.
Gejala sisa lainnya adalah kelainan mental yang menetap serta kelumpuhan.

PENCEGAHAN
Suatu vaksin dapat membantu mencegah meningitis yang disebabkan Neisseria
meningitidis.
Vaksin ini terutama digunakan jika terjadi wabah, pada populasi yang
terancam wabah dan pada orang-orang yang mengalami pemaparan bakteri yang
berulang.

Kepada anggota keluarga, petugas kesehatan dan orang lainnya yang
berhubungan dengan penderita meningitis karena Neisseria meningitidis, juga
diberikan antibiotik (misalnya rifampin atau minosiklin).

Anak-anak harus mendapatkan imunisasi rutin dengan vaksin Hemophilus
influenzae tipe B, yang membantu mencegah terjadinya meningitis yang paling
sering terjadi pada anak-anak.

Sulis
PT. BENTOEL PRIMA
Jl. Susanto 2 A Malang