Dear all,

waktu itu kayaknya ada yg share mengenai RS Sari Asih Karawaci [cmiiw],
hari ini saya mo share juga nih, tapi Rumah bersalinnya yg di sangiang-
jl. Raya Mauk -Tangerang.

ceritanya gini, tantenya suami [adik mamanya] yg lg hamil 9 bln
[perkiraan lahiran pertengahan dec] kemaren sore ngeluarin cairan/
air ketuban. lalu dia periksa ke RB Sari Asih. dokternya lagi ga ada,
diperiksa sama bidan, katanya masih jauh, bayi belum turun ke jl lahir.
disuruh stay, klo dalam 6 jam ga kontraksi di suruh rawat inap di sari
asih pusat yaitu RS Sari Asih yg di Karawaci.

Mbakku [aku biasa panggil mbak sama tantenya suami ini] itu bingung,
kok di rawat di pusat?? trus dia tanya bidannya, kenapa harus rawat
inap bu? bidannya bilang, yahh terpaksa harus cesar. weks...mbakku
langsung pulang dgn stress. sampe rumah dia cuman bisa nangis aja.
maklum, cuman buruh pabrik, suaminya kerja dibengkel, orang ga punya.
gaji cuman abis buat makan. di pers klo ngelahirin ga ditanggung.
klo harus cesar dia bingung, biayanya dari mana?!

gimana ga stress tuh, saya aja jadi ikutan sedih.. kasian :(
sambil nenangin mbakku itu, aku bilang sama Angina... "angi, bilangin
tuh sama dedek yg di dalem perut, jangan nyusahin mamah yah, klo mo
keluar, keluar aja.. jangan pake susah2. Angina langsung usap2 perutnya
dan bilang 'iya dedek :)

aku telp kakak yg bidan, dia cuman ketawa. terlalu cepat u/ memberikan
keputusan cesar. it's not a big probs. klo diagnosa spt itu, banyak
dong pasien gw yg harus di cesar, kasian banget, mana pasien gw orang
susah mulu lagi :( so? ini gpp yah? selama gerakan janin masih bagus,
yah gpp. tunggu aja sampe bayinya kontraksi. cairannya masih keluar
gak? udah gak lagi. itu sih biasa, kecuali keluar terus ga brenti2,
sampe kering, baru deh worried. cairan ketuban itu kan banyak,
emangnya bisa secepet itu langsung kering. saya pikir, bener jg sih.
trus kakak tanya, sekarang gimana? lagi cek ke RS x, cari 2nd opinion,
mo usg utk ngeliat keadaan bayinya. yahh... ngapain ke RS itu,
sama aja pasti suruh cesar juga. mendingan bawa ke RSU aja,
pasti lahir normal deh, ga bakalan disuruh cesar. klopun terpaksa
cesar jatohnya ga mahal2 banget max 3 jt dah bisa out.

sampe RS x ga ada dokter yg jaga. akhirnya mbakku ini memutuskan untuk
ke bidan deket rumah aja. di tempat bidan,di periksa, belum ada pembukaan.
tapi bayinya sudah dekat, memang sudah mo keluar. akhirnya di induksi,
diberi cairan infus. cuman nunggu 2 jam bayinya sudah lahir dgn selamat,
beratnya 3,2 kg.

tnyata bidan ini sahabatnya kakak saya. pernah satu kerjaan waktu di RSU,
sebelum kakak memutuskan u/ buka praktek sendiri. sampe sekaran bidan
ini masih kerja di RSU selain praktek di rumahnya, sedangkan kakak
saya keluar dan buka RB di daerah cengkareng. what a small world :)

Well... saya bingung sama RS jaman sekarang, dikit2 cesar. dikit2
cesar. mereka jg ga peduli pasiennya tuh dari golongan apa. orang
susahpun masih aja mereka teken teken. hiks.. samsek ga ada usahanya
u/ nolong pasien, mereka mo cari gampangnya aja. dan dapet keuntungan
yg sebanyak2nya. sorry yah..esmosi neh xixi, saya bicara spt ini
karna banyak kasus yg saya dah liat sendiri dr teman, sodara,
tetangga, bahkan dr milis.

ok deh. buat moms yg lg hamil, yg mo ngelahirin, banyak2 cari 2nd
opinion aja klo dah disuruh cesar sama DSOGnya. kecuali klo emang mo
cesar yah ga usah..xixi. klo ada masalah, yg penting banyak2 do'a n
don't panic :-)

Angina's Mom
http://www.tristania-angina.com/

ke nomor 8811, selama 16 Okt sd. 30 Nov. 2004.
merchandise komputerakt!f bagi para peserta polling yang beruntung. Satu nomor
ponsel hanya berhak memberikan satu suara dukungan untuk tiap kategorinya.
Polling ini berlaku untuk pelanggan Telkomsel, Indosat maupun Excelcom dengan
tarif Rp 1.500.