From: hilma astuti [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, November 29, 2004 1:48 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Tanya: Gimana hadapin anak usia 20 bulan??

Si iki juga beberapa hari lagi 20 bln. dan saya rasanya pengen nangis
kalo ingat manisnya masa lalu bersama iki, masa bayinya asyik banget
anaknya aktif tapi nggak rewel. suka becanda.... nurut.
sekarang.......... jauh berbeda. sekarang maunya nempel mama terus. udah
bisa jalan tapi maunya gendong terus. buka baju nggak mau, pake baju
nggak mau. mau mandi harus dibujuk bujuk dulu. ntar keluar kamar
mandinya juga susah. tadi pagi malah nggak mau keluar air. dia nangis
lumayan lama. akhirnya nggak mau pakai baju dan celana. jadi ya makan
nya telanjang. makan juga dikit. baru dibujuk keluar ngeliat tukang
ngecat rumah dan dibilangin" malu tuh nggak pakai baju" baru mau. jadi
pakai baju dan celananya diluar. kalau sepupunya datang malah heboh,
padahal dulu dulu mereka asyik asyik aja. ada sih adegan tarik tarikan
mainan tapi nggak separah sekarang. sekarang setiap mainannya disentuh
dia menjerit nangis. mainan orang juga dia mau. ntar nangisnya juga
lama. penakut juga. nggak mau jauh jauh dari saya. kadang lagi main tiba
tiba lari ke saya bilang "takut" nggak ngerti deh takut ama ama. padahal
nggak pernah saya takut takuti . ama orang lain juga takut. kadang
ditegor malah jadi mengkeret dan minta gendong saya. tidurnya larut
malam. kalau tidur agak cepat ntar jam 2 bangun nangis nangis. kadang
bisa 2 /3 jam baru tidur lagi. mohon
advicenya...pleaseeeeeeeeeeeeeeeeeeee
kadang saya berpikir saya yg nggak becus mengasuh anak. kalau menurut
papa saya, anak sekali sekali harus dimarahi atau dipukul biar nggak
manja. tapi saya takut itu malah bikin keadaan parah. iki sensitive
anaknya. what should i do selain sabar? dan sampai usia kapan dia bisa
manis kayak dululagi?

juliana juliana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Dear moms & dads,

Aku minta sharring-nya apakah kelakuan anakku ini emang biasanya anak
seumurnya. & gimana cara hadapinya kelakuan bandelnya tanpa dia nangis..
ato mamanya yg nangis..

Anakku - Kevin, 20 bulan - lagi bandel2nya... kalo dilarang malah nekat
& sengaja.. Kadang kalo lagi marah & kesel.. & posisinya lagi digendong,
malah mukulin muka kita..Aduhhh.. tau sendiri, biar masih kecil gitu,
tapi kan pukulannya lumayan juga... makanannya udah dikunyah dikeluarin
lagi pake jarinya.. kalo nangis pasti sengaja dibatukin2 supaya
muntah... keseeel deh..

Walo aku tau hukuman fisik nggak boleh, tapi aku coba ke dia- dicubit
pantatnya or ditepuk - nggak ngaruh juga...kalo aku plototin.. dia malah
ketawa-ketiwi.. dipikir becanda..
Tapi kalo udah dimarahin, nangis.. trus dia cium tanganku,minta maaf,
atau bilang: mami, ampun... kalo nggak.. bilang: mami, aba... aba...
(sabar...sabar..maksudnya) Nah kalo udah gitu, jadi gantian aku yg
nangis, terharu.. quilty feeling.. Jadi bingung..???!!

Dulu itu Kei maniss bgt.. kalo dibilangin apa2 nurut.. sampe2 aku &
suami nggak pernah ngerasa punya baby krn. dia emang nggak pernah
ngerepotin...

To moms & dads yang pernah punya pengalaman, sharring ya.. please... ke
japri aja deh...

Thanx,
Julia - Kei's mom