Mamanya Angina,
bukannya ngasihani diri sendiri, cuma saya jadi ragu, apa semua yg saya kira
the best for Iki emang  benar benar baik bagi dia. saya liat anak tetangga,
anak adek, semua ok ok aja. nggak rewel kayak Iki.
kasih tipsnya dong gimana mendisiplin anak? apa umur 20bulan udah boleh dikasih
time out? saya sering nggak tega nyuekin iki. kalau dia udah nangis pasti deh
saya peluk.
kalau dia nggak mau buka baju atau pakai baju apa boleh dipaksa aja? kemaren
sore iki demam. kali karna abis mandi nggak mau pakai baju, malah nangis
nangis. alhamdulillah sekarang udah nggak panas lagi. padahal nggak saya kasih
obat.
Angina umurnya berapa sekarang? saya jadi pengen iki cepat 3 taun aja. padahal
dulu saya pengen iki kecil terus, soalnya lucu. kalau sekarang .... ampun deh.

Angina's Mom <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Hilma... jangan mengasihani diri sendiri dong say...
kok bisa sih mengclaim diri kamu ga becus jadi seorang ibu??
hiks..jadi sedih lho aku bacanya. u'r the best mom for Iki.

anak2 emang seperti itu, kadang bikin kesabaran kita ortunya habis.
tapi jalanin aja semuanya dgn happy, klo kamu dah stress duluan,
gimana kamu mo memberikan Iki yg terbaik. klo Iki lagi nakal, hadapi
dgn senyum, ngurut dada, tarik napas. ga usah maen fisik, as long
masih bisa dibilangin dgn baik2. menurut aku maen fisik boleh2 aja
sih, tapi liat kadar kesalahannya, klo dah berulang2 dibilangin ga
ngerti juga, sekali2 gpp. tapi itupun klo Ikinya emang dah ngerti
dgn omongan kamu, tapi masih sengaja. klo Angina sekarang kan suka
banget nantangin aku, kadang dia tau itu salah, dia tau aku ga suka
tapi disengajain sama dia. nahh baru deh aku pukul. biasanya dia ngerti
klo mamanya marah, cuma dgn menatap matanya aja, dia dah ga berani
berbuat seenaknya. dari awal aku emang dah keras dalam mendidik
Angina, klo berbuat salah sering aku kasih time out. aku pikir itu
semua demi kebaikannya jg. klo aku biarkan terus, wahhh lebih repot
lagi ngerubahnya. mending dari kecil di disiplinkan. jadi sekarang
tinggal nikmatin aja. itupun masih suka muncul juga kenakalan2annya.
yg pasti klo mo mendisiplinkan anak, keluarga harus kompak. gak boleh
ada yg manjain. klo satu marah, semuanya harus marah, ga boleh ada
tempat ngadu2 atau pelarian. jadi anak menyadari sendiri kesalahannya.

Kapan bisa manis lagi? mungkin klo dah usia sekolah -/+ 3 tahunan.
biasanya umur segitu anak dah bisa diatur. xiixix...klo yg ini jawaban
sok tau. abis, ga pernah ngalamin Angina tantrum sih, dr lahir sampe
sekarang manis2 aja, nakalnyapun masih dalam batas2 kesabaran mamanya.

sorry yah klo ga bantu, pokoknya don't give up.

sun sayang buat Iki.

Angina's Mom
====================================

ini ada beberapa tips dr nakita:

Menghadapi Tantrum si Kecil
(3 Tahun Pertama Yang Menentukan)

Sebagai orang tua, sebaiknya Anda melihat kecenderungan tantrum pada anak
sebagai ekspresi
yang sehat. Namun terkadang orang tua kewalahan menghadapi Tantrum si kecil.
Menghilangkan
tantrum 100 persen tentu bukan pekerjaan mudah. Berikut ini beberapa cara untuk
meminimalkan
kemarahan si kecil. Cobalah menerapkan cara ini sesuai situasi, dan pastikan
bahwa
orang-orang yang membantu Anda mengasuh si kecil menggunakan cara yang sama
dengan Anda.

Cobalah tenang
Kepanikan Anda menghadapi tantrum si kecil akan menyulut kemarahannya. Melihat
Anda tidak
dapat mengendalikan diri, anak akan panik dan sulit mengendalikan dirinya juga.
Si kecil
membutuhkan sosok yang dapat menularkan ketenangan untuk mengontrol situasi,
karena
keterbatasannya mendalikan diri di usia ini. Ia juga membutuhkan kepastian
bahwa dalam
situasi apa pun Anda masih mencintainya.

Ingat-ingat penyebabnya
Cobalah menuliskan di dalam agenda Anda, apa penyulut kemarahan si kecil.
Terkadang tantrum
disebabkan anak terlalu lelah, lapar, atau terlalu banyak stimulasi. Jika ini
penyebabnya,
cobalah menghindari keadaan ini. Kemungkinan lain, tantrum si kecil hanya
muncul jika ia
dibawa ke supermarket. Jika demikian, batasi kepergian ke supermarket dengan
membawa sikecil.

Berbicalah dengan halus namun mantap
Jika Anda berteriak maka si kecil akan membalas dengan teriakan yang lebih
hebat.
Namun jika Anda dapat berbicara dengan intonasi yang halus namun mantap, hal
ini akan
membatu si kecil mengatasi diri. Terkadang karena terlalu halus suara yang Anda
ucapkan,
si kecil tidap dapat mendengar. Hal ini justru menguntungkan, karena biasanya
ia akan
terdiam berkonsentrasi pada apa yang Anda ucapkan.

Singkirkan keinginan menggunakan hukuman fisik
Tantrum si kecil terkadang membuat orang tua kesal, sehingga tanpa sadar orang
tua
menjatuhkan hukuman fisik seperti memukul atau mencubit agar si kecil diam. Hal
ini
merupakan pertanda bahwa Anda pun telah kehilangan kontrol diri. Bagaimana
meminta
si kecil belajar mengontrol dirinya, jika orang tuanya sendiri tidak mampu
mengontrol
diri sendiri?

Jangan berdebat
Mengajak si kecil berdebat selama kemarahannya meledak tidak ada gunanya. Pada
saat ini
si kecil dapat diharapkan berpikir rasional. Tunggulah hingga is sudah dapat
menggunakan
logika berpikirnya kembali, baru ajak ia berdiskusi.

Jaga anak dari kemungkinan celaka
Terkadang si kecil banyak menggunakan gerakan memukul atau mendang. Jika hal
ini tidal
diwaspadai dapat mencelakai dirinya sendiri, atau orang di sekitarnya. Cobalah
mengajak
anak ke tempat yang lebih aman, misalnya tidurkan ia di tempat tidur, atau
ikatkan tali
penagaman jika ia mengamuk di kereta dorongnya. Jika tidak mungkin, cobalah
untuk memegang,
atau memeluknya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain
mencegah kemungkinan
celaka, dengan memegang atau memeluk, si kecil merasa Anda membantunya
menyatukan 'bagian'
dari dirinya yang telah 'hancur berkeping-keping'.Pelukan erat juga membantu
meluruhkan
kemarahan, baik bagi si kecil maupun Anda.

Tunjukan empati
Tunjukan bahwa Anda mengerti perasaan si kecil. Misalnya dengan berkata,"Ibu
tahu sulit
rasanya jika tidak mendapatkan apa yang kita inginkan. Ibu juga sering merasa
kecewa
dan marah jika ibu tidak mendapatkan apa yang ibu inginkan".

Coba alihkan perhatian anak
Kadang-kadang ada anak yang sulit sekali mengatasi tantrum-nya. Campur tangan
orang tua
bahkan dapat memperburuk kemarahannya. Jika ini terjadi, cobalah alihkan
perhatiannya
dengan mengajaknya melakukan permainan yang telah lama tidak dilakukannya, atau
perdengarkan
lagu-lagu gembira favoritnya. Cara lain yang dapat dicoba adalah humor misalnya
dengan
mengatakan,"Apa pun yang kamu lakukan, jangan ketawa!! Eh..., lho kok malah
ketawa".

Berikan waktu jeda
Jika si kecil tidak dapat mengontrol dirinya untuk waktu yang cukup lama,
cobalah untuk
memberikan waktu jeda. Misalnya, biarkan ia menyendiri di dalam kamarnya hingga
kemarahannya
reda. Namun tentunya semua itu harus dibawah pengawasan anda. Pastikan bahwa ia
aman berada
sendiri di dalam kamarnya.

Jangan takut jika tak mereda
Jika Anda tidak dapat meredakan tantrum-nya, jangan terlalu cemas. Mungkin ia
memang
membutuhkan waktu untuk mengekspresikan emosinya. Setelah ia merasa lega, maka
semua
akan segera berakhir.

ha> Si iki juga beberapa hari lagi 20 bln. dan saya rasanya
ha> pengen nangis kalo ingat manisnya masa lalu bersama iki, masa
ha> bayinya asyik banget anaknya aktif tapi nggak rewel. suka
ha> becanda.... nurut. sekarang.......... jauh berbeda.
ha> sekarang maunya nempel mama terus. udah bisa jalan tapi
ha> maunya gendong terus. buka baju nggak mau, pake baju nggak mau.
ha> mau mandi harus dibujuk bujuk dulu. ntar keluar kamar mandinya
ha> juga susah. tadi pagi malah nggak mau keluar air. dia nangis
ha> lumayan lama. akhirnya nggak mau pakai baju dan celana. jadi ya
ha> makan nya telanjang. makan juga dikit. baru dibujuk keluar ngeliat
ha> tukang ngecat rumah dan dibilangin" malu tuh nggak pakai baju"
ha> baru mau. jadi pakai baju dan celananya diluar.
ha> kalau sepupunya datang malah heboh, padahal dulu dulu mereka
ha> asyik asyik aja. ada sih adegan tarik tarikan mainan tapi nggak
ha> separah sekarang. sekarang setiap mainannya disentuh dia menjerit
ha> nangis. mainan orang juga dia mau. ntar nangisnya juga lama.
ha> penakut juga. nggak mau jauh jauh dari saya. kadang lagi main
ha> tiba tiba lari ke saya bilang "takut" nggak ngerti deh takut ama
ha> ama. padahal nggak pernah saya takut takuti .
ha> ama orang lain juga takut. kadang ditegor malah jadi
ha> mengkeret dan minta gendong saya.
ha> tidurnya larut malam. kalau tidur agak cepat ntar jam 2
ha> bangun nangis nangis. kadang bisa 2 /3 jam baru tidur lagi.
ha> mohon advicenya...pleaseeeeeeeeeeeeeeeeeeee
ha> kadang saya berpikir saya yg nggak becus mengasuh anak. kalau
ha> menurut papa saya, anak sekali sekali harus dimarahi atau dipukul
ha> biar nggak manja. tapi saya takut itu malah bikin keadaan parah.
ha> iki sensitive anaknya.
ha> what should i do selain sabar?
ha> dan sampai usia kapan dia bisa manis kayak dululagi?

ha> juliana juliana wrote:
ha> Dear moms & dads,

ha> Aku minta sharring-nya apakah kelakuan anakku ini emang
ha> biasanya anak seumurnya. & gimana cara hadapinya kelakuan
ha> bandelnya tanpa dia nangis.. ato mamanya yg nangis..

ha> Anakku - Kevin, 20 bulan - lagi bandel2nya... kalo dilarang malah nekat &
sengaja..
ha> Kadang kalo lagi marah & kesel.. & posisinya lagi digendong,
ha> malah mukulin muka kita..Aduhhh.. tau sendiri, biar masih kecil
ha> gitu, tapi kan pukulannya lumayan juga...
ha> makanannya udah dikunyah dikeluarin lagi pake jarinya.. kalo
ha> nangis pasti sengaja dibatukin2 supaya muntah... keseeel deh..

ha> Walo aku tau hukuman fisik nggak boleh, tapi aku coba ke dia-
ha> dicubit pantatnya or ditepuk - nggak ngaruh juga...kalo aku
ha> plototin.. dia malah ketawa-ketiwi.. dipikir becanda..
ha> Tapi kalo udah dimarahin, nangis.. trus dia cium
ha> tanganku,minta maaf, atau bilang: mami, ampun... kalo nggak..
ha> bilang: mami, aba... aba... (sabar...sabar..maksudnya)
ha> Nah kalo udah gitu, jadi gantian aku yg nangis, terharu.. quilty feeling..
ha> Jadi bingung..???!!

ha> Dulu itu Kei maniss bgt.. kalo dibilangin apa2 nurut.. sampe2
ha> aku & suami nggak pernah ngerasa punya baby krn. dia emang nggak
ha> pernah ngerepotin...

ha> To moms & dads yang pernah punya pengalaman, sharring ya.. please... ke
japri aja deh...

ha> Thanx,
ha> Julia - Kei's mom

ke nomor 8811, selama 16 Okt sd. 30 Nov. 2004.
merchandise komputerakt!f bagi para peserta polling yang beruntung. Satu nomor
ponsel hanya berhak memberikan satu suara dukungan untuk tiap kategorinya.
Polling ini berlaku untuk pelanggan Telkomsel, Indosat maupun Excelcom dengan
tarif Rp 1.500.