Secara hakikat, insya Allah kita sama2 ikhlas ya..
Tapi secara teknis keseharian, apalagi selama 24 jam, pasti masalah itu
ada. Wong dengan ibu sendiri saja, atau adik/kakak sendiri juga, sering
terjadi konflik bukan?

Jadi, yang kupikir, tetap harus ada aturan main yang jelas kali ya,
supaya lebih enak lagi jika nanti ada masalah/konflik. Barangkali ada
yang pernah membuat aturan main yang enak dan kekeluargaan, tapi memberi
kejelasan untuk semua? Saya minta donk contohnya. Jadi, sedikitnya saya
punya gambaran harus membicarakan apa saja dan bagaimana jika sampai
konflik, dan semoga nanti kita sama2 sudah punya komitmen dan
kesepakatan2 yang jelas, jadi nanti hal2 tsb yg bisa kita jadikan
prioritas paling utama di atas konflik2 yg terjadi.

Dan kira2 ada yg punya masukan solusi jika mau tidak mau, konflik harus
sampai terjadi, kira2 bagaimana cara mengatasinya, atau jika memang ada
yg tidak cocok--bagaimana cara penyelesaiannya/cara membicarakannya.

Di sisi kita, semoga masih bisa lah mengendalikan diri kita sendiri,
jika nanti ternyata terjadi setidak cocok apa pun--kita tetap ikhlas dan
berniat menjalin hubungan baik, tapi belum tentu dari pihak mereka, akan
bisa juga mengendalikan diri, pikiran dan perasaan mereka juga kan?
Jadi, kupikir, tetap harus ada komunikasi dengan mereka. Nah, mungkin
ada masukan kira2 komunikasi/kesepakatan2 yg bagaimana yg win win
solution?

Karena jika sampai mereka tidak dapat mengerti kondisi, atau barangkali
mereka belum seahli kita dalam mengendalikan pikiran2nya atau sikap2nya
agar tetap positif thinking (maklum dari kampung, dan bisa jadi kurang
bacaan/wawasan), dsb. Kira2 bagaimana untuk mengantisipasi itu? Karena
kita tidak dapat mengendalikan apa yg mereka pikirkan dalam pikiran
mereka, atau yang mereka rasakan (bisa jadi itu diperasaan mereka
sendiri aja--pdhl sesungguhnya maksud kita tdk spt yg mereka rasakan).
Dan kita bakal tahu hanya kalau mereka mau cerita, tapi kalau tipenya
diam, tidak cerita, tentu kita tidak akan tahu kan?

Apakah ada yg pernah mengalaminya, kira2 apa tips dan trik nya ya?
Tujuannya tentu agar semua pihak tidak ada yg dirugikan, kalau terus2an
makan ati, kan tidak baik juga, ya nggak? :-)

Thanks ya bu masukkannya.. japri saja, takut mengganggu yang lain :-).
Salam
Alif