Memang seharusnya sejak mamanya hamil sang kakak sudah
dilibatkan untuk menerima adik baru, antara lain dengan bersama
mama dan papanya berbicara ke adik yang masih di dalam perut mama.
Atau bersama mama ikut menenangkan adik saat perut mamanya (seperti)
di tendang adik.

Lalu pas adik lahir pasti rasa cemburu ada karena perhatian mama papa
sepertinya lebih banyak ke adik, padahal selama ini perhatian mapa papa penuh
ke kakak. Kembali kita libatkan kakak untuk bersama-sama memperhatikan adik
seperti bangun pagi sapa kakak baru adik lalu banggakan klo kakaknya pintar
bangun pagi agar adik juga meniru kakaknya yang pintar ini. Intinya seh
banggakan
kelebihan kakaknya ke adik sehingga sang kakak jadi GR. Lalu libatkan juga
kakak dalam mengurus keseharian adik, misalnya bersama mama membuat
jadwal kegiatan adik, jika usia kakak sudah memungkinkan kakak dapat menjadi
jembatan kita dengan pengasuh adik.

Jangankan mainan makanan aja kita musti beli untuk kakak dan adik, tapi ada efek
bagusnya koq, kakak yang semula susah makan buah jadi rutin makan buat bareng2
konsumsi jus adiknya.

Itu pengalaman aku seh, moga2 membantu

[EMAIL PROTECTED] on 12/08/2004 06:22:07 PM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]