iki ( 20 bln)ngomongnya udah lumayan lancar. udah bisa diajak ngobrol  macam
macam. cuma dia kalo ngomong pelan dan iramanya kayak setengah merengek gitu.
kata kata terakhir agak panjang gitu. padahal dia nggak merengek .  dia kan
laki laki, saya pengennya dia ngomong agak keras dan tegas. gimana  ya caranya
biar nada bicaranya jadi berubah. selama ini kami dirumah ngomong wajar wajar
aja. sekarang saya sering betulin dia kalo ngomong baek baek. terus saya kasih
contoh. kadang dia mau terima kadang juga nggak.
terus, dulu dia anaknya nggak bisa diam. aktif gitu tapi semenjak lancar
ngomong kayaknya jadi malas gerak . apa memang gitu ya?
thanks sebelumnya